Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Dapat Lokal, Citilink Rekrut Pilot Asing

Kompas.com - 03/02/2012, 14:32 WIB
Hendra Gunawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat terjadinya krisis penerbang di Indonesia,  Citilink akan merekrut pilot-pilot asing untuk mengoperasikan armada unit bisnis strategis PT Garuda Indonesia Tbk tersebut.

Direktur Keuangan Garuda, Elisa Lumbantoruan mengatakan, rencana perekrutean tersebut dilakukan seiring dengan akan didatangkannya pesawat-pesawat Citilink. "Tahun ini Citilink akan datangkan 12 unit pesawat Airbus A320. Untuk kapten pilotnya kami akan mendatangkan dari luar negeri, karena di Indonesia pilot sudah sulit didapatkan," kata Elisa di Jakarta, Kamis (2/2/2012).

Dijelaskannya, saat ini Citilink sedang dalam proses perekrutan sebanyak enam pilot asing. Mereka diproyeksikan untuk mengoperasikan pesawat Airbus A320.

Saat ini, Citilink telah memiliki sebanyak 105 pilot dan kopilot. Namun dibandingkan dengan armada yang akan didatangkan, maka Citilink akan kekurangan kalau tidak merekrut penerbang lagi.

Hingga Januari 2012, Citilink mengoperasikan sebanyak sembilan unit pesawat yaitu enam unit Boeing 737-300 dan tiga unit Airbus A320. Bila proyeksi  lancar, maka tahun ini Citilink bakal mengoperasikan sebanyak 21 unit pesawat untuk menerbangi sebanyak 11 rute di Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com