Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marzuki: Korupsi Subsidi BBM, Gantung di Monas!

Kompas.com - 29/03/2012, 18:24 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie mendukung jika Indonesia Corruption Watch melaporkan dugaan adanya penyimpangan dalam penetapan besaran subsidi bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah. Menurut dia, langkah itu untuk memastikan apakah benar tudingan ICW itu.

"Kalau dia (ICW) mau laporkan, bagus dong. Saya dukung, SBY (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono) juga dukung kalau memang ada korupsi," kata Marzuki di Kompleks DPR, Jakarta, Kamis (29/3/2012).

Marzuki mengatakan, setiap pihak mempunyai hitungan sendiri mengenai harga BBM, demikian pula pemerintah dan ICW. Jika kemudian ada perbedaan hasil perhitungan antara kedua pihak, Marzuki meminta ICW untuk membuktikan adanya korupsi atas selisih perhitungan tersebut. "Buktikan korupsi. Siapa yang korupsi kita tangkap ramai-ramai. Kalau perlu, kita gantung di Monas," kata politikus dari Fraksi Partai Demokrat tersebut.

Pernyataan Marzuki itu mengingatkan pada pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, yang disebut-sebut terkait dalam korupsi dalam proyek Hambalang, Jawa Barat. Anas mempersilakan dirinya digantung di Monas jika terbukti mencicipi uang dari proyek tersebut.

Sebelumnya, berdasarkan perhitungan ICW, ada indikasi penggelembungan besaran subsidi BBM senilai Rp 30 triliun. Perhitungan ICW itu telah dipaparkan kepada Fraksi PDI Perjuangan di DPR siang tadi. Rencananya, ICW juga akan melaporkan temuannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com