Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suryo: Dorong Angkatan Kerja Muda Jadi Wirausahawan

Kompas.com - 16/05/2012, 00:22 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan, jumlah wirausahawan di Indonesia sangat tertinggal di antara negara-negara tetangga, yakni hanya 0,2 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 240 juta jiwa.

Oleh sebab itu, kata Suryo, angkatan kerja muda perlu didorong untuk menjadi wirausahawan. "Padahal, suatu negara dikatakan makmur jika jumlah entrepreneur sedikitnya 2 persen dari jumlah penduduk," sebut Suryo, di Jakarta, Selasa (15/5/2012).

Menurut dia, jumlah wirausahawan perlu ditingkatkan sebagai bagian penting dalam strategi baru untuk mengatasi pengangguran. Strategi baru ini harus disertai perubahan peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam struktur ekonomi nasional.

"Kita perlu mendorong angkatan kerja muda untuk menjadi entrepreneur daripada terus berharap menjadi karyawan," sambung dia.

Dikatakan Suryo, perlu kebijakan yang eksplisit untuk mendorong UMKM sebagai penampung tenaga kerja. Contohnya, pada tahap awal perlu dipikirkan kemungkinan untuk menerapkan pajak final khusus untuk UMKM. UMKM pun perlu diberikan akses khusus terhadap sumber pendanaan perbankan. "Bank Koperasi, Tani, dan Nelayan (BKTN) yang pernah ada di Indonesia serta bank-bank khusus sejenis perlu dihidupkan kembali," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com