Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan ke Indonesia Timur Bertambah

Kompas.com - 16/05/2012, 02:35 WIB

Tangerang, Kompas - Seiring kedatangan pesawat jenis Boeing 737-800 NG, maskapai Sriwijaya Air mengumumkan dibukanya pelayanan kelas bisnis atau executive class. Layanan kelas bisnis, yang biasanya dihadirkan maskapai Garuda Indonesia, untuk melayani masyarakat dengan lebih baik.

Demikian dikatakan Direktur Utama Sriwijaya Air Chandra Lie, Selasa (15/5), di Hanggar II Garuda Maintenance Facilities (GMF) AeroAsia di Cengkareng, Banten. Dalam acara penyambutan Boeing 737-800 NG tersebut, hadir pula Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bhakti S Gumay.

”Layanan executive class ini sesuai dengan keinginan pelanggan. Jadi, nantinya, di tiap pesawat akan ada kelas eksekutif dan kelas ekonomi,” ujar Chandra. Di setiap pesawat Sriwijaya Air, nantinya, dihadirkan delapan kursi kelas bisnis.

Boeing 737-800 NG milik Sriwijaya Air, Senin (21/5), mulai diterbangkan untuk melayani Indonesia timur. Biak dan Jayapura merupakan dua kota tujuan baru Sriwijaya Air.

Penerbangan ke Indonesia timur juga dilayani maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Lion Air, dan Batavia Air. Garuda melayani penerbangan ke Ambon, Ternate, Kupang, Biak, Jayapura, dan Timika. Lion Air terbang ke Ambon, Ternate, Kupang, Sorong, Fakfak, Tual, Kaimana, Nabire, dan Jayapura. Sementara Batavia Air terbang ke Ambon, Ternate, Kupang, Maumere, Waingapu, Manokwari, dan Merauke.

Boeing 737-800 NG yang datang kemarin merupakan bagian dari rencana pengadaan 12 pesawat leasing. Sriwijaya pun sebenarnya telah membeli 20 B737-800 NG, tetapi baru tiba mulai tahun 2015.

Direktur Utama PT GMF AeroAsia Richard Budihadianto mengatakan, semua B737-800 NG akan dirawat di GMF. GMF juga sudah merawat puluhan B737-800 NG milik Garuda.

”Langkah Sriwijaya merupakan upaya mengantisipasi persaingan dalam transportasi udara. Sebagai fasilitas perawatan, kami mendukungnya dengan berkomitmen memberi yang terbaik,” ujar Richard.

Sejak beroperasi November 2003, Sriwijaya Air selalu merawat pesawat di GMF AeroAsia. Selama ini, Sriwijaya Air memang selalu mengoperasikan pesawat jenis Boeing, pesawat yang sama dengan yang diterbangkan Garuda Indonesia. (RYO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com