Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Minta Warga Hati-hati Hadapi "Long Weekend"

Kompas.com - 18/05/2012, 15:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Berhubungan meminta  masyarakat untuk berhati-hati dalam transportasi dan mengutamakan keselamatan guna menghadapi liburan akhir pekan yang panjang ini atau long weekend.

"Utamakan keselamatan selama liburan long weekend ini apabila hujan turun dan terjadi kemacetan lalu lintas jalan, terutama bagi mereka yang menggunakan kendaraan roda dua dan kendaraan pribadi," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat (18/5/2012) .

Bambang minta para operator perhubungan agar lebih memperhatikan kendaraan yang akan dioperasikan dengan benar-benar mengecek tingkat kelaikannya.

Ia mengutarakan harapannya agar pengguna kendaraan pribadi untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan beristirahat apabila melakukan perjalanan selama lebih dari empat jam atau mengganti pengemudinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, ujar dia, kesabaran para pengemudi selama perjalanan di lalu lintas yang padat juga harus diutamakan untuk keselamatan. "Kami berharap para pengguna transportasi agar lebih berhati-hati. Bagi pengendara sepeda motor juga agar menghindari perjalanan jauh," katanya.

Kemenhub juga telah meminta seluruh operator baik kereta api, kapal laut, maupun pesawat terbang agar lebih waspada dan memperhatikan kondisi cuaca serta mengutamakan keselamatam dan keamanan sebelum dilakukan perjalanan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Ia juga mengingatkan seluruh masyarakat yang akan bepergian agar lebih waspada selama bertransportasi mengingat kondisi cuaca yang akhir-akhir ini sulit untuk diramalkan.

Liburan akhir pekan yang panjang ini terkait dengan hari libur Kenaikan Isa Al Masih yang jatuh pada Kamis (16/5/2012) dan dilanjutkan dengan cuti bersama pada Jumat (17/5/2012) ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com