Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perikanan Budidaya Digenjot untuk Ketahanan Pangan

Kompas.com - 08/06/2012, 18:56 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memfokuskan komoditas udang, rumput laut, bandeng, dan patin, sebagai pendukung utama industrialisasi perikanan.

Demikian ditegaskan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C Sutardjo saat membuka acara Indonesia Aquaculture (INDOAQUA) dan Forum Inovasi Teknologi Aquaculture (FITA) 2011 di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (8/6/2012).

Menurut Sharif, untuk mewujudkan industrialisasi perikanan budidaya, dibutuhkan kegiatan penelitian, perekayasaan dan pertukaran informasi melalui gelar teknologi. Atas dasar itulah, KKP kembali menggelar INDOAQUA-FITA 2012, 8-11 Juni 2012 di Makassar.

Upaya menggenjot perikanan budidaya antara lain sertifikasi perbenihan dan pembudidayaan guna menghasilkan produk yang menganut jaminan mutu. Selain itu, mempercepat pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana budidaya, pengembangan kerja sama dan kemitraan dengan perbankan maupun lembaga pembiayaan lain.

Ia mengemukakan, perluasan dan intensifikasi budidaya membutuhkan keseimbangan antara pembangunan ekonomi, jaminan atas pasokan, ketahanan pangan, serta lingkungan yang berkelanjutan dan tangguh.

"Dibutuhkan kebijakan terintegrasi antara kebijakan ekonomi makro, pengembangan infrastruktur, sistem usaha dan investasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sumberdaya manusia untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan", ujar Sharif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com