Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Dapur seperti Masuk Ruang Operasi

Kompas.com - 04/07/2012, 15:05 WIB
Vitalis Yogi Trisna

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com — Memasuki area dapur milik maskapai Garuda Indonesia seperti ingin menuju ruang operasi. Rambut di kepala harus tertutup rapi, harus mengenakan jubah putih. Aero Catering Service (ACS), anak perusahaan yang mengurusi katering Garuda Indonesia ini, memang sangat ketat menerapkan aturan kebersihan di dalam dapurnya.

"Maaf jika kunjungan menjadi agak kurang nyaman karena kami memang menerapkan standar kebersihan yang sangat tinggi," ujar Agus Sulistyono, banquet manager dari ACS, ketika menemui peserta kunjungan Field Trip To Garuda Facilities, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Selasa (3/7/2012). Pemakaian penutup kepala dan jubah memang tidak hanya diperuntukkan bagi pengunjung, karyawan dari ACS pun diwajibkan memakainya.

ACS sendiri memang menerapkan standar internasional dalam proses produksinya sehingga wajar jika mereka menerapkan aturan-aturan khusus. "Dengan stadardisasi internasional, kami kini sudah memiliki banyak pelanggan dari berbagai maskapai internasional, seperti Emirates, Air China, dan lainnya," kata Agus.

"Bahkan untuk menu makanan saat terbang, RI-1 dan RI-2 semua berasal dari ACS," ujarnya.

Seluruh cabang ACS saat ini mampu memproduksi sebanyak 65.500 porsi makanan setiap harinya. Sedangkan untuk ACS yang ada di Jakarta mampu memproduksi makanan sebanyak 35.000 porsi setiap harinya.

Garuda Indonesia sendiri melakukan kegiatan Field Trip To Garuda Facilities untuk memberikan edukasi tentang bagaimana mereka memberikan pelayanan kepada konsumen. Kunjungan tidak hanya melihat dapur tempat proses pengolahan makanan ini, mereka juga diajak melihat pusat perbaikan pesawat milik Garuda di GMF. Dan terakhir, bertempat di pusat pendidikan Garuda atau GITC, peserta disuguhkan simulasi penyelamatan jika terjadi kecelakaan saat penerbangan.

"Seru, apalagi bertepatan dengan libur anak sekolah, jadi bukan cuma mengisi liburan, tapi juga memberikan edukasi ke anak-anak," ujar Latifa, salah seorang peserta.

Kegiatan ini sendiri rutin dilakukan oleh Garuda Indonesia setiap tahun. Selain memberi edukasi, kegiatan ini juga menjadi ajang promosi tentang fasilitas keamanan dan kenyamanan maskapai ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com