Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BP Migas Tawarkan LNG ke Calon Pembeli

Kompas.com - 12/07/2012, 11:53 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com —  Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi menawarkan gas alam cair yang akan dihasilkan dari sejumlah proyek gas di Tanah Air kepada para calon pembeli LNG dari sejumlah negara.

Badan pelaksana itu berharap dapat memperoleh pembeli gas melalui kontrak jangka panjang untuk meningkatkan penerimaan negara dengan tetap memprioritaskan pemenuhan kebutuhan gas di dalam negeri.  

Kepala BP Migas R Priyono menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada acara pembukaan Forum LNG, Kamis (12/7/2012), di Nusa Dua, Bali. Acara tersebut dihadiri sekitar 200 peserta yang terdiri dari para pemangku kepentingan terkait bisnis LNG, antara lain perwakilan dari kontraktor kontrak kerja sama dan pembeli tradisional LNG Indonesia dari sejumlah negara importir LNG, seperti Jepang, Taiwan, dan Korea.  

Peningkatan volume ekspor gas dimungkinkan dengan mulai beroperasinya sejumlah proyek besar selama beberapa tahun ke depan. Beberapa proyek itu adalah Pengembangan Laut Dalam Indonesia (Indonesia Deepwater Development) oleh Chevron Indonesia Company, Lapangan Jangkrik di Blok Muara Bakau yang dikembangkan Eni Muara Bakau BV, serta Lapangan Abadi di Blok Masela oleh Inpex Masela Ltd.  

Rencana pengembangan proyek IDD, Lapangan Jangkrik, dan Lapangan Abadi sudah disetujui dan mulai dikembangkan. IDD merupakan proyek yang akan mengembangkan lima lapangan gas laut dalam di Selat Makassar dan diharapkan mulai menghasilkan gas tahun 2015 sekitar 900 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Adapun Lapangan Jangkrik ditargetkan mulai berproduksi tahun 2016 dengan produksi awal 290 mmscfd.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com