Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa di Jatibening Bisa Ditenangkan

Kompas.com - 27/07/2012, 08:51 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com — Kemarahan massa yang membakar mobil dan ban di Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 8, Jatibening, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/7/2012), bisa ditenangkan. Massa mendapat jaminan bahwa terminal bayangan dalam tol itu belum akan ditutup PT Jasa Marga.

Massa yang terdiri dari pengojek sepeda motor dan warga yang merasa dirugikan mulai memblokade jalan tol, bahkan membakar satu mobil derek jenis pikap milik Jasa Marga. Aksi dimulai pukul 05.00 WIB.

Kemacetan panjang hingga Cikarang di Kabupaten Bekasi dan Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur sebagai dampak aksi tersebut belum terurai sepenuhnya.

Kilometer 8 adalah tempat turun dan menunggu bagi penumpang bus dari dan ke Jakarta. Sejak lama tempat ini menjadi semacam terminal bayangan, tetapi ilegal. Meskipun sudah berkali-kali ditertibkan oleh petugas Jasa Marga, terminal bayangan tidak juga hilang.

Jasa Marga pun akhirnya membangun pagar dan menutup akses warga masuk ke tol karena terminal bayangan menimbulkan kemacetan. Tindakan itulah yang berkali-kali juga mendapat perlawanan dari pengojek sepeda motor, sopir angkutan kota, dan warga yang merasa dirugikan.

Meski demikian, dalam aksi-aksi sebelumnya, tidak sampai menimbulkan situasi yang mencekam seperti pada Jumat ini. Menurut data Jasa Marga, dari pukul 06.00 sampai pukul 14.00 setiap hari, di terminal bayangan itu terdapat 936 kendaraan yang menaikkan dan menurunkan penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com