Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Telkomsel Fasilitasi 1,8 Miliar SMS Per Hari

Kompas.com - 08/08/2012, 12:21 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Menyikapi prediksi meningkatnya layanan trafik komunikasi saat Lebaran nanti, Telkomsel menyatakan sudah menyiapkan seluruh elemen jaringan secara maksimal.

Di area Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Telkomsel menjamin dapat melayani trafik SMS hingga 20.550 per detik. Jumlah itu menurut Manajer Komunikasi Perusahaan Telkomsel Area Jawa Bali, Sri Ambar Yusmeniwati, setara dengan 1,8 miliar SMS per harinya.

"Jaringan sinyal juga kami jamin maksimal di sepanjang jalur mudik Jawa, Bali dan Nusa Tenggara hingga ke pelosok kecamatan dan pedesaan," katanya, Rabu (8/8/2012).

Dia mengklaim sinyal operator plat merah ini lebih unggul dibanding operator lain. Jumlah BTS Telkomsel di area Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara hingga saat ini lebih dari 10.500 BTS dengan 40 persen dari jumlah tersebut adalah jaringan 3G/HSDPA/HSPA+, yang kapasitasnya mampu menampung 5,7 juta pelanggan secara bersamaan.

Perpindahan pelanggan saat mudik juga sudah diantisipasi dengan ketersediaan VLR atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

"Di jalur mudik Jawa Bali Nusra sudah kami perkirakan potensi kebutuhan setiap kawasan. Seperti di Jateng 43 persen, dan Jatim 26 persen," terangnya.

Pada program Telkomsel Siaga tahun ini, Telkomsel menggelar 90 POSKOsiaga yang terdiri atas 36 posko di jalur mudik, 25 posko wisata, 22 posko BTSP (Bandara, Terminal, Stasiun, Pelabuhan), 7 Posko Sinergi, serta 3400 OUTLETsiaga yang tersebar di sepanjang jalur mudik utama Jawa hingga Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com