Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rentang IHSG di Level 4.130-4.160

Kompas.com - 13/08/2012, 10:06 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan pada perdagangan terakhir pekan lalu bergerak dalam volatilitas yang cukup tinggi. Rentang indeks di awal pekan ini, Senin (13/8/2012) diperkirakan antara level 4.130-4.160.

Pergerakan indeks pada hari Jumat (10/8/2012) lalu dipengaruhi oleh mulai sepinya transaksi menjelang libur panjang lebaran pekan depan. Sementara faktor eksternal yang mempengaruhi antara lain klaim tunjangan pengangguran yang turun dan juga naiknya harga rumah.

Jumlah klaim tunjangan pengangguran pekan lalu kembali mengalami penurunan sebanyak 6.000 menjadi 361.000 orang. Angka ini lebih bagus daripada konsensus yang memperkirakan sebesar 370.000 orang. Data ini menunjukan pasar tenaga kerja kemungkinan terus membaik setelah penambahan tenaga kerja yang naik pada bulan lalu.

Harga jual rumah mengalami kenaikan 7,3 persen dibanding tahun lalu. Kenaikan ini merupakan yang tertinggi sejak 2006. Setidaknya hal ini memberikan sinyal bahwa sektor properti perumahan yang memicu krisis terburuk sejak perang dunia kedua menunjukan perbaikan.

Data Bloomberg Consumer Comfort Index turun ke level 41,9 dari bulan sebelumnya yang sebesar 39,7. Consumer confidence tersebut merupakan yang terendah sejak dua bulan lalu. Defisit perdagangan Amerika bulan Juni menunjukan penurunan karena naiknya ekspor dan turunnya impor. Defisit Juni tersebut merupakan yang terendah sejak Desember 2010.

Selain itu ada juga data inflasi China bulan Juli juga rendah dan juga factory output China bulan Juli melemah sehingga meningkatkan tekanan bagi pembuat kebijakan di China untuk melakukan stimulus tambahan.

Mengawali pekan ini, tim riset Panin Sekuritas memproyeksikan IHSG akan bergerak dalam rentang yang terbatas dengan kecenderungan menguat tipis. Data makro ekonomi yang dirilis pekan lalu seperti angka pertumbuhan ekonomi yang diatas ekspektasi serta rendahnya angka inflasi menjadi katalis positif bagi pergerakan indeks menjelang libur panjang lebaran. Kisaran support-resistance hari ini 4.130-4.160. Saham pilihan adalah MAPI, MICE, AISA, dan BMRI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com