Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Miliar SMS Selama Lebaran

Kompas.com - 15/08/2012, 14:18 WIB
Adhitya Ramadhan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Komunikasi dan Informatika memperkirakan ada empat miliar pesan singkat atau SMS yang terkirim pada H-1 sampai H+1 Lebaran dari seluruh penyelenggara telekomunikasi di Indonesia.

Jumlah SMS tersebut meningkat 20-30 persen dari kondisi hari biasa. Demikian disampaikan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S Dewa Broto, Rabu (14/8/2012). Menurut Gatot, jumlah tersebut belum termasuk yang dikirimkan melalui layanan pesan multimedia, Blackberry Messenger, dan WhatsApp Messenger.

Gatot menambahkan, untuk layanan suara diperkirakan akan berlangsung pembicaraan di saat yang bersamaan hingga 2.499.300.000 menit pada periode H-1 sampai H+1 dari puluhan juta pengguna layanan telekomunikasi.

Angka ini meningkat 35 persen dari hari biasa. Gatot mengimbau pengguna telepon seluler agar cerdik memilih waktu pengiriman pesan di saat lalu lintas pesan, suara, dan data sedang melonjak. Selain itu, masyarakat juga disarankan tidak mengirimkan pesan ucapan selamat hari raya Idul Fitri kepada banyak orang dalam waktu bersamaan untuk menghindari gangguan. "Pengiriman pesan sebaiknya dilakukan bertahap," ujar Gatot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com