Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bapepam-LK Tunggu Penjelasan Resmi BUMI

Kompas.com - 26/09/2012, 04:19 WIB

jakarta, kompas - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan tengah menunggu penjelasan resmi manajemen PT Bumi Resources Tbk. Penjelasan itu akan menentukan langkah dan putusan Bapepam-LK atas dugaan penyelewengan dana Bumi Resources yang dilontarkan Bumi Plc yang berbasis di Inggris.

”Kami tak mau gegabah untuk berkomentar hingga mengambil sikap sebelum ada penjelasan resmi dari manajemen Bumi Resources,” kata Pejabat Kepala Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Ngalim Sawega, kepada Kompas, di Jakarta, Selasa (25/9).

Otoritas Bapepam-LK mengirimkan surat permintaan penjelasan kepada manajemen Bumi Resources kemarin. Bapepam- LK mendesak manajemen sesegera mungkin. ”Kepentingan kami satu, yakni publik, dalam hal ini investor, tahu duduk masalahnya,” kata Ngalim tanpa menyebut batas waktu yang diberikan kepada pihak Bumi Resources untuk memberikan penjelasan.

Dalam keterangan resminya, Senin (24/9), Bumi Plc, pemegang 29 persen saham Bumi Resources, menyatakan telah membentuk tim investigasi independen untuk menyelidiki dugaan penyelewengan keuangan di Bumi Resources. Mereka akan menghubungi otoritas pasar modal di Indonesia dan Inggris. Atas pengumuman dan kehendak Bumi Plc itu, Ngalim menyambut baik dan siap menerima laporan dari Bumi Plc.

Desakan sikap regulator pasar modal atas situasi yang terjadi antara Bumi Resources dan Bumi Plc ini disampaikan sejumlah pihak, termasuk para pelaku pasar. Kepala Riset BNI Securities Norico Gaman menyatakan, regulator perlu memberikan tindakan tegas terhadap grup Bakrie yang tak transparan dalam menyajikan laporan keuangan dan aksi korporasinya. Dengan demikian, investor publik dapat perlindungan dari risiko investasi.

”Ada baiknya investor menghindari investasi saham-saham grup Bakrie jika menginginkan hasil investasi yang baik dalam jangka panjang. Sebaliknya yang tertarik investasi spekulatif bisa memanfaatkan volatilitas saham-sahamnya,” kata Norico.

Direktur BUMI Dileep Srivastava mengaku sudah menerima surat dari Bapepam-LK. Ia menyatakan segera memberikan konfirmasi resmi ke regulator pasar modal nasional itu.

”Tidak ada hal baru yang belum kami laporkan kepada para pemegang saham atau regulator. Segala sesuatunya juga sudah diketahui dan disetujui oleh pemegang saham dalam rapat umum,” katanya. (BEN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com