Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bapepam-LK Tunggu Hasil Keseluruhan Audit Bumi Plc

Kompas.com - 27/09/2012, 07:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) belum akan melakukan penyelidikan tersendiri terkait audit Bumi Plc atas anak usahanya, PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Pjs Ketua Bapepam-LK Ngalim Sawega menuturkan, pihaknya akan menunggu sampai keseluruhan audit Bumi Plc atas BUMI rampung.

"Domain kami di pasar modal. Kalau dari segi pasar modal hasilnya nanti ternyata ada masalah dan bisa mengakibatkan kerugian khalayak ramai, baru Bapepam-LK turun," ujar Ngalim, Rabu (26/9/2012).

Ia mengungkapkan, audit independen Bumi Plc atas BUMI sudah berjalan. Namun, belum dapat dipastikan kapan audit tersebut akan selesai.

Hari ini, BUMI sudah memenuhi panggilan Bapepam-LK untuk menjelaskan kabar pemeriksaan Bumi Plc tersebut. "Kami ingin tahu apa yang dipermasalahkan induk usaha. Menurut mereka (BUMI) audit itu hal yang wajar," kata Ngalim.

Selain menunggu penyelidikan Bumi Plc, Bapepam-LK juga akan mengkroscek keterangan yang disampaikan BUMI kepada Bursa Efek Indonesia (BEI). Berdasarkan prosedur standar, BEI memberikan waktu selama tiga hari atau sampai dengan 27 September untuk memperoleh keterangan resmi dari BUMI.

"Kita lihat nanti apakah transaksinya bersifat material atau tidak. Apakah kalau informasinya tidak di-disclose akan merugikan orang banyak. Jangan sampai investor kaget," terang Ngalim. (Astri Kharina Bangun/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com