Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Tak Puas dengan Jawaban Bupati Pati

Kompas.com - 05/10/2012, 11:55 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

PATI, KOMPAS.com - Puluhan masyarakat yang menolak rencana pembangunan semen PT Sahabat Mulia Sakti meninggalkan Bupati Pati Haryanto, Jumat (5/10/2012). Mereka tidak puas dengan jawaban Bupati Pati terkait kebijakan pemda tentang rencana pembangunan pabrik semen.

Hal itu terjadi dalam audiensi Rencana Pembangunan Pabrik Semen PT Sahabat Mulia Shakti di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Audiensi itu dihadiri masyarakat pro dan kontra pembangunan semen, aparat kepolisian, tim Amdal, dan PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk.

Suyitno, salah satu perwakilan masyarakat yang menolak mengatakan, isi pembicaraan audiensi tidak sesuai dengan undangan. Dalam undangan itu disebutkan tentang materi pembicaraan, yaitu dialog tentang perizinan yang dikeluarkan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Pati. Pabrik semen itu akan dibangun pada lahan milik warga seluas 180 hektar.

"Kami malah hanya menerima penjelasan tentang tahapan-tahapan perizinan, pembuatan analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal), dan rencana tata ruang wilayah," kata dia.

Di awal pembicaraan, Bupati Pati Haryanto menyatakan tidak akan menjawab jadi atau tidaknya pembangunan pabrik semen. Haryanto meminta masing-masing instansi terkait untuk menjelaskan duduk persoalan dan prosedur hukum yang sudah dilakukan Pemkab Pati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com