Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Registrasi "Online" KKF 2012 Mudahkan Peserta

Kompas.com - 10/10/2012, 11:49 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Kompas Karier Fair (KKF) Yogyakarta 2012 ini merupakan event bursa kerja dengan menerapkan sistem perekrutan pegawai dengan berbasis IT yang belum pernah ditemukan di event bursa kerja lainnya.

Jobseeker di KKF Yogyakarta 2012 ini melamar dengan menggunakan ID Number yang digunakan untuk proses aplikasi melamar pekerjaan. ID number ini juga berlaku selama dua hari pelaksanaan KKF Yogyakarta 2012.

"Registrasi online telah dibuka sebelum hari H pelaksanaan, dua minggu sebelum hari H sudah ditutup. Jadi, nanti mereka masuk dan mendapat ID number, mengantre, memasukkan data, langsung upload curriculum vitae kurang dari 200 mb, data sukses disimpan, lalu masuk ke bursa kerja untuk mencari perusahaan mana yang diminati," kata Project Event Kompas Karier Fair 2012, Cosma, saat ditemui di lokasi, di Jogja Expo Centre, Yogyakarta, Rabu (10/10/2012).

Sementara itu, data-data yang sudah tersimpan dalam sistem online itu, selain memudahkan jobseeker untuk mencari kerja, juga memudahkan pihak perusahaan untuk mengakses CV pelamar pada posisi yang ditawarkan perusahaan tersebut. Mereka juga memiliki aplikasi tersendiri.

"Perusahaan partisipan tidak perlu repot untuk membuka berkas kertas pelamar atau curriculum vitae, tapi tinggal log in saja pada alamat website yang diberikan, kemudian perusahaan tersebut dapat membuka file-file CV para jobseeker," kata Cosma.

Dian, salah seorang fresh graduate lulusan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, mengaku dimudahkan dengan adanya sistem registrasi online yang diterapkan pada KKF Yogyakarta 2012 ini. Selain efektivitas waktu, ia juga tidak perlu repot-repot membawa setumpuk curriculum vitae-nya.

"Tadi ribetnya cuma pas antre aja. Tapi, panitianya sangat membantu. Kalau misalnya kesulitan registrasi online, bisa langsung dibantu. Selanjutnya gampang saja karena hemat waktu semuanya, hemat kertas juga, green action," kata perempuan yang berasal dari Sleman itu.

KKF Yogyakarta 2012 ini digelar di Arjuna Hall, Jogja Expo Centre, Jalan Raya Janti, Yogyakarta. KKF Yogyakarta 2012 ini akan diselenggarakan selama dua hari berturut-turut, mulai dari Rabu (10/10/2012) sampai Kamis (11/10/2012).

Yogyakarta merupakan kota ketiga setelah pelaksanaan KKF di Surabaya dan Bandung. Setelah Yogyakarta, rencananya KKF 2012 juga akan mampir di Jakarta, Semarang, dan Medan. KKF Yogyakarta 2012 ini pun dibuka untuk umum dan gratis biaya masuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com