Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Orang Padati Kompas Karier Fair Yogyakarta

Kompas.com - 10/10/2012, 14:35 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Kompas Karier Fair (KKF) Yogyakarta 2012 dipadati oleh ribuan jobseeker. Mereka, para jobseeker, tidak hanya datang dari Yogyakarta, tetapi ada juga peserta yang datang dari luar Pulau Jawa, seperti Rima, yang langsung datang dari Kalimantan. Sebelumnya, ia sudah bekerja sebagai marketing di sebuah majalah bisnis.

Ini membuktikan pasar KKF Yogyakarta 2012 tidak hanya berasal dari fresh graduate, namun juga dari mereka yang sudah berpengalaman. "Kemarin sempat setahun kerja di majalah marketing, tapi resign karena penempatannya jauh di Kalimantan. Ini langsung datang dari Banjarmasin," kata Rima, saat ditemui di lokasi, di JEC, Yogyakarta, Rabu (10/10/2012).

Rima mengaku mengetahui adanya KKF Yogyakarta Fair 2012 ini dari situs web Kompas.com. Ia juga mengaku tertarik untuk bekerja sebagai account excecutive. Ia sudah melamar di Kompas Gramedia dan berbagai perusahaan lainnya. Rima yang juga merupakan alumni Universitas Islam Indonesia ini mengaku sangat terbantu dengan diselenggarakannya KKF Yogyakarta 2012.

"Kalau di Jogja sendiri kan ini KKF jadi event job fair pertama yang aku kunjungin karena memang perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi juga banyak yang aku minati. Registrasinya juga simpel pakai online, canggih," kata Rima.

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan oleh Hapsari (21) yang datang jauh-jauh dari Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Hapsari merupakan mahasiswi semester akhir Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). Ia mengaku sangat mengapresiasi penyelenggaraan KKF Yogyakarta 2012. Wanita yang akrab disapa Sari itu mengaku ingin mencari kerja sembari ia menuntut ilmu.

"Kan sudah semester akhir tinggal skripsi, jadinya pengen langsung kerja gitu, mungkin di bagian accounting. Kebetulan di KKF ini banyak lowongan untuk posisi yang saya minati," kata Sari.

Adapun Hanum (22),  yang baru lulus dari Universitas Gadjah Mada, mengaku sedang gencar-gencarnya mencari pekerjaan. Bulan Agustus kemarin, Hanum baru saja meraih titel sarjana S-1 di bidang teknik kimia. Hanum mengikuti KKF Yogyakarta 2012 untuk dapat melamar di industri obat-obatan, produk pangan, atau industri kimia lainnya.

"Saya tahunya dari website Kompas.com, kebetulan memang lagi kepengen mencari kerja sudah disuruh Ibu. Nah, di KKF ini untungnya penempatan perusahaan tidak semuanya berasal dari Jakarta, soalnya saya pengen tetap tinggal di Jogja," ujar Hanum yang berasal dari Sanden, Bantul.

KKF Yogyakarta 2012 ini digelar di Arjuna Hall, Jogja Expo Centre, Jalan Raya Janti, Yogyakarta. KKF Yogyakarta 2012 ini akan diselenggarakan selama dua hari berturut-turut, mulai dari Rabu, (10/10/2012) sampai Kamis, (11/10/2012). Yogyakarta merupakan kota ketiga setelah pelaksanaan KKF di Surabaya dan Bandung.

Setelah Yogyakarta, rencananya KKF 2012 juga akan mampir di Jakarta, Semarang, dan Medan. KKF Yogyakarta 2012 ini pun dibuka untuk umum dan gratis biaya masuk.

Dari pantauan Kompas.com, semakin siang, jobseeker semakin memadati Arjuna Hall, JEC. Pagi tadi, penyejuk ruangan di dalam Arjuna Hall masih terasa, tetapi semakin siang semakin berdesak-desakkan dan semakin padat. Tampak antrean yang semakin panjang dimulai dari tangga masuk ke Arjuna Hall. Padahal, di pagi harinya, antrean hanya terlihat pada saat melakukan registrasi online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com