Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan "Engineering" Menyedot Perhatian Peserta KKF 2012

Kompas.com - 11/10/2012, 14:56 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan yang bergerak di bidang teknik dan manufaktur paling banyak menarik perhatian para peserta Kompas Karier Fair Yogyakarta 2012. Terdapat beberapa perusahaan engineering yang membuka booth-nya di KKF Yogyakarta 2012, seperti contohnya PT Multi Bintang Indonesia Tbk, SHKA Group, Santoso Teknindo Manufaktur, dan Schneider Electric.

"Iya, yang paling banyak mendaftar kebanyakan di perusahaan engineer dan manufaktur, seperti Schneider," kata Marketing Communication Kompas.com, Ari Sasongko, di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Kamis (11/10/2012).

PT Schneider Electric yang menawarkan pekerjaan di bidang elektronik telekomunikasi telah menerima ratusan pelamar potensial yang berasal dari Yogyakarta dan sekitarnya. "Kalau digabung dengan hari kemarin, kira-kira sekitar ratusan ya yang sudah mendaftar dan 20 persen peserta menurut kami sudah memenuhi kualifikasi untuk mengikuti tes berikutnya," kata Human Resourch Business Partner Schneider Electric, Nevindatama Putranta.

Schneider membuka kesempatan untuk posisi Quality Engineer, Method Engineer, Test Engineer, Industrial Engineer, dan Parts Industrialization Engineer (Injection Molding), Technical Antenna Engineer (Product Design Evolution), Manufacturing Supervisor, dan HR Officer. "Penempatan kami di Batam," kata Nevindatama.

Sementara itu, Ananda Widhia (21), seorang mahasiswi Fakultas Teknik Industri yang berasal dari Solo, Jawa Tengah, mengaku datang langsung dari Solo untuk melamar pekerjaan sesuai dengan minatnya. Ia melamar di Schneider untuk mengisi posisi sebagai Method Engineer. "Tadi pagi baru sampai dari Solo, melamar di sini. Semoga aja diterima, enggak apa-apa jauh dari rumah," katanya.

Dari pantauan Kompas.com, di hari kedua KKF Yogyakarta 2012 ini tampak antusiasme peserta untuk mengikuti bursa kerja lebih besar. Sebagian dari mereka menggunakan baju batik khas Jawa. Semakin siang antrean registrasi semakin panjang. Udara Yogyakarta yang menyengat tidak menghalangi mereka untuk meraih cita-cita.

KKF Yogyakarta 2012 ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Kompaskarier.com dan tahun ini merupakan tahun ketiga. Yogyakarta merupakan kota ketiga dalam roadshow KKF 2012. Melalui KKF 2012, diharapkan dapat mengembangkan potensi sumber daya manusia di Indonesia, khususnya di Yogyakarta, yang juga terkenal sebagai kota pelajar.

Ajag yang digelar di Arjuna Hall, Jogja Expo Centre, ini diselenggarakan selama dua hari berturut-turut, mulai dari Rabu (10/10/2012) sampai Kamis (11/10/2012). KKF Yogyakarta 2012 ini pun dibuka untuk umum dan gratis biaya masuk.

Sebelum digelar di Yogyakarta, KKF 2012 sudah diselenggarakan di Surabaya dan Bandung. Setelah Yogyakarta, dijadwalkan KKF 2012 akan digelar di Balai Kartini, Jakarta, mulai 2-3 November 2012. Selanjutnya, di Tiara Convention Hall, Medan, 21-22 November 2012, dan berakhir di Admiral Convention Hall, Semarang, pada 30 November-1 Desember 2012.

Ikuti Artikel Terkait KKF lainnya di TOPIK KOMPAS KARIER FAIR 2012

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com