Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tiga Daerah Tuntut PLN Realisasikan Listrik

Kompas.com - 15/10/2012, 18:27 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com — Ratusan warga dari Kabupaten Lampung Timur, Kota Metro, dan Lampung Tengah berunjuk rasa menuntut PLN merealisasikan pembangunan jaringan listrik ke desa mereka, Senin (15/10/2012). Para pengunjuk rasa merupakan para eks pelanggan koperasi listrik pedesaan Sinar Sewo Mego. Unjuk rasa ini dilakukan di kompleks Kantor Wilayah PLN Lampung di Rajabasa, Bandar Lampung.

Warga datang menggunakan truk-truk yang disewa dan sepeda motor. Menurut Sunarto, perwakilan pengunjuk rasa, setelah putus kontrak dengan Sewo Mego, PLN telah berjanji akan mengambil alih penyediaan listrik ke desa mereka sejak dua tahun lalu. "Namun, hingga sekarang, di lapangan, pembangunan jaringan baru mencapai 50 persen dengan waktu yang tersisa enam bulan lagi," ujarnya. Padahal, sejumlah warga telah melunasi biaya penyambungan listrik. Tahun lalu Gubernur Lampung Sjachroedin ZP mencabut izin usaha koperasi listrik pedesaan Sinar Sewo Mego yang didirikan sejak tahun 1978 akibat sejumlah persoalan. Dengan demikian, pelayanan listrik dialihkan ke PLN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com