Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subhan Aksa Juara Tiga di Spanyol

Kompas.com - 11/11/2012, 22:09 WIB
Gatot Widakdo

Penulis

SALOU, KOMPAS.com -- Lewat perjuangan keras, pereli Indonesia Subhan Aksa akhirnya bisa merebut posisi podium tiga pada ajang RACC Rally de Espana di Salou, Spanyol, Minggu (11/11/2012). Keberhasilan Subhan ini cukup membanggakan mengingat posisinya sempat melorot ke peringkat empat setelah mengalami pecah ban pada spesial stage 16.

Wartawan Kompas, Gatot Widakdo melaporkan, selain terkendala pecah ban, mobil Mitsubishi Evolution X Subhan juga sempat mengalami masalah gear box. Namun, beruntung masalah itu tidak terlalu parah, sehingga Subhan masih bisa memacu mobilnya sampai SS terakhir.

Saat ban depan mobil Subhan pecah, posisinya sempat digeser pereli Ukraina,Valeri Gorban. Namun, Gorban sendiri mendapatkan masalah mesin di SS 17, sehingga Subhan bisa mengejar catatan waktunya dan bahkan melewati lebih dari satu menit.

Pada SS terakhir, Subhan masih bisa meraih catatan waktu lebih baik dari Gorban, sekitar satu menit 30 detik, sehingga di klasemen akhir posisinya berada di tempat ketiga dan berhak naik podium kehormatan.

Dengan hasil di Spanyol ini, Subhan secara umum menempati peringkat kelima klasemen akhir reli PWRC. Reli kategori ini diikuti sebanyak 14 pereli.

Gelar juara umum akhirnya diambil pereli Benito Guerra dari Meksiko.

Manajer tim Bosowa Rally, Mohammad Safril mengatakan, hasil di Spanyol merupakan pencapaian yang sangat bagus mengingat hampir semua pereli tampil di sini. Selain itu, tingkat kesulitan reli Spanyol juga cukup tinggi karena adanya paduan lintasan gravel dan aspal. Sementara untuk klasemen akhirnya, posisi lima besar sudah memenuhi target.

"Andai saja Subhan tidak mengalami gangguan pecah ban, dia bisa saja naik podium kedua di Spanyol. Namun, semua hasil ini sudah sangat bagus dan kita syukuri," ujar Safril.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com