Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PII Rangkul Tiga Universitas demi Infrastruktur

Kompas.com - 27/11/2012, 17:13 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tiga perguruan tinggi terkemuka, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) (PT PII), Selasa (27/11/2012), menyelenggarakan Indonesia Infrastructure Roundtable (IIR) bertajuk Kerjasama Pemerintah Swasta dalam Pengembangan Infrastruktur Publik.

Dalam kesempatan yang sama, juga dilaksanakan soft launching Indonesia Infrastructure Guarantee Fund (IIGF) Institute, yang merupakan program CSR PT PII untuk edukasi tentang infrastruktur.

"IIR merupakan inisiatif tiga perguruan tinggi tersebut sebagai salah satu kontribusi kalangan perguruan tinggi untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia," kata Prof Dr Tech Ir Danang Parikesit, M.Sc, dari UGM, Selasa.

Berbeda dari program sejenis, IIR membahas suatu permasalahan menggunakan pendekatan studi kasus pembangunan infrastruktur di Indonesia yang dapat menjadi pembelajaran bagi semua pihak.

"Hasil dari IIR diharapkan menjadi sebuah policy brief dan prosiding yang akan menjadi masukan bagi pihak-pihak terkait, termasuk pembuat kebijakan," kata Danang.

IIR akan dilaksanakan secara regular dalam satu tahun ke depan. Berbagai sektor penting dalam pembangunan infrastruktur menjadi topik bahasan dalam tiap sesinya dengan menghadirkan narasumber dan fasilitator.

Setiap sesi akan membahas satu studi kasus yang realisasinya melalui proses panjang, sehingga dapat menjadi pembelajaran ke depan dan dapat menjadi masukan bagi pembuatan kebijakan.

Adapun topik pembahasan sangat bervariasi mulai dari regulasi, perencanaan, pembiayaan bidang infrastruktur hingga topik sektoral seperti transportasi, ketenagalistrikan, air minum, telekomunikasi dan sebagainya. Di sesi pertama ini IIR mengambil tema Kerjasama Pemerintah Swasta dalam Pengembangan Infrastruktur Publik yang mengupas kasus Terminal Bis di kota Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com