Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Jual Gas Medco Naik

Kompas.com - 03/12/2012, 21:24 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Medco Energi Internasional Tbk melalui anak perusahaanny PT Medco E&P Indonesia ("Medco E&P), meningkatkan pasokan gas untuk domestik. Penambahan pasokan ini disertai kenaikan harga jual gas yang dituangkan dalam amandemen perjanjian jual-beli gas antara Medco E&P dan PT Mitra Energi Buana.    

Demikian disampaikan Kepala Sekretaris Korporat PT Medco Energi Internasional Tbk Imron Gazali, Senin (3/12/2012), di Jakarta. Penandatanganan amandemen perjanjian jual-beli gas (PJBG) itu dilakukan Direktur Utama Medco E&P Frila B Yaman dan Direktur Utama PT Mitra Energi Buana Muddai Madang di Jakarta pada 1 Desember 2012.  

Gas yang digunakan akan diambil dari Blok South & Central Sumatera dengan titik penyerahan berada di Stasiun Rambutan. Adapun perjanjian ini berlaku untuk masa lima tahun terhitung sejak 1 Desember 2012 atau hingga total jumlah kontrak (TJK) terpenuhi, yang mana lebih dulu tercapai.  

Amandemen ini memuat beberapa poin perubahan yang penting, di antaranya, jumlah penyerahan harian (JPH) yang semula hanya 2,5 BBTU per hari meningkat menjadi 3,7 BBTU per hari. Jadi penambahan total jumlah kontrak yang sebelumnya hanya 6,1 triliun british thermal unit (TBTU) menjadi 12,6 TBTU.  

Perubahan lainnya adalah penyesuaian harga gas pada tahun 2012 sebesar 3,41 dollar AS per MMBTU menjadi 6,04 dollar AS per MMBTU pada tahun 2012, dengan faktor eskalasi 3 persen per tahun. Harga gas sendiri berlaku sejak amandemen PJBG ini ditandatangani.  

Penambahan volume dan penyesuaian harga gas tersebut berdampak positif dan menaikkan pendapatan kotor sekitar 40 juta dollar AS (kenaikan dari 18 juta dollar AS menjadi 58 juta dollar AS) untuk keseluruhan proyek.

Hal ini juga berarti akan meningkatkan pendapatan bagi pemerintah pusat, Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim, dan Medco E&P sebagai kontraktor Blok South & Central Sumatera.  

Selain di Sumatera Selatan, saat ini Medco E&P juga  memasok gas untuk kebutuhan domestik lainnya, seperti industri pupuk serta pembangkit listrik PLN di Jawa dan Kalimantan Timur. " Ke depan, MedcoEnergi akan tetap berkomitmen untuk meningkatkan pasokan gas ke pasar domestik," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com