Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Lingkar Brebes-Tegal Alternatif Jalur Pantura

Kompas.com - 04/12/2012, 03:14 WIB

Tegal, Kompas - Jalan lingkar utara Brebes-Tegal sepanjang 17,1 kilometer yang kini dibangun diarahkan menjadi jalur alternatif bagi masyarakat untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas di pantai utara Jawa. Jalur tersebut juga bisa mengurangi kerugian ekonomi masyarakat akibat terjebak kemacetan.

Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, Wahyudin Noor Aly, Senin (3/12), di Tegal, menyatakan, selama ini, masyarakat sering berhadapan dengan kemacetan saat terjadi perbaikan pada jalur pantura. Akibatnya, masyarakat dirugikan karena perjalanan mereka terhambat.

Ia berharap pemerintah bersama rekanan harus bekerja sama, agar proyek tersebut segera selesai.

Hingga saat ini, pembangunan Jalingkut Brebes-Tegal mencapai 38 persen. Direktur PT Bumirejo PT Brantas Abipraya Budhi Sarwono, selalu pelaksana pembangunan ruas Brebes-Tegal, mengatakan, saat ini sekitar 3 kilometer jalan sudah diaspal, 4 kilometer siap diaspal, dan 7,1 kilometer dalam proses penimbunan. Adapun ruas yang belum ditimbun sepanjang 3 kilometer.

Menurut dia, pembangunan Jalingkut Brebes-Tegal diperkirakan selesai pada Desember 2013. Pembangunan jalan tersebut tertunda sekitar 19 bulan dari waktu yang direncanakan.

Jalan nasional

Anggaran pemeliharaan dan perbaikan jalan nasional di wilayah Kalimantan Selatan tahun 2013 naik menjadi Rp 830 miliar dari APBN tahun sebelumnya Rp 520 miliar. Dana itu akan dipakai untuk 105 paket proyek pembenahan infrastruktur.

Demikian dikatakan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah VII Andri Ananda di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (3/12). ”Untuk dana yang Rp 520 miliar, sampai saat ini, posisinya sudah terpakai 89 persen. Diharapkan, sampai akhir bulan, sisanya bisa dipakai,” ujarnya. (WER/WIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com