Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MedcoEnergi Tuntaskan Akuisisi Blok Migas di Yaman

Kompas.com - 04/12/2012, 21:28 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Medco Energi Internasional Tbk, melalui anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, Medco Yemen Malik Limited, menandatangani dokumen Penyelesaian Perjanjian Jual Beli (SPA) dengan Reliance Exploration & Production DMCC (REPDMCC), Selasa (4/12/2012).

Dalam perjanjian itu, MedcoEnergi membeli 25 persen hak kepemilikan di Blok 9 (Malik), Republik Yaman, yang berlaku efektif sejak 1 Januari 2012.

"Sejalan dengan usaha Medco untuk aktif di Timur Tengah dan Afrika Utara, akuisisi Blok 9 ini secara keseluruhan membantu merealisasikan strategi pertumbuhan, dan membangun portofolio aset produksi perseroan, selain area eksplorasi yang telah kami operasikan di Blok 82 dan 83 di Yaman," kata Presiden Direktur &CEO Medco Energi Intenasional, Lukman Mahfoedz, Selasa (4/12/2012), di Jakarta.

"Kami percaya peranan MedcoEnergi di Blok 9 akan memberi dampak positif bagi Pemerintah Yaman, kemitraan PSC Blok 9, serta juga kinerja operasional dan finansial MedcoEnergi," ujarnya.

Setelah diperoleh persetujuan Kementerian Minyak dan Mineral Republik Yaman pada 24 November 2012, dan selesainya transaksi ini, MedcoEnergi secara efektif akan memiliki 21,25 persen hak kepemilikan, setelah memperhitungkan pembagian yang dilakukan secara proporsional untuk kepemilikan Yemen Oil and Gas Corporation (YOGC). 

Dengan demikian, struktur kepemilikan di dalam Block 9 Production Sharing Agreement adalah Calvalley Petroleum (Cyprus) Ltd  42,50 persen (operator), Medco Yemen Malik Limited 21,25 persen, Hood Oil Limited 21,25 persen, dan YOGC 15 persen.

Blok 9 merupakan blok eksplorasi dan produksiyang terletak di propinsi Hadramaut, Republik Yaman, sekitar 350 kilometer sebelah timur-laut dari ibukota Yaman, Sana'a.

Blok yang berada di Sayun-Masila Basin ini memiliki luas sebesar 2.234 kilometer persegi, yang sebagian daerahnya telah dilakukan eksplorasi.

Pada 25 Agustus 2005, Pemerintah Yaman telah memberikan lisensi pengembangan blok ini selama 20 tahun. Lisensi ini juga menyatakan bahwa para pemegang hak kepemilikan blok ini (kontraktor), memiliki hak untuk menegosiasikan perpanjangannya untuk masa lima tahun setelah tahun 2025.

Taksiran cadangan kotor 2P di Block 9 adalah sekitar 58,6 MMBO (per 1 Januari 2012) dan diperkirakan untukberproduksi sampai dengan sekitar 14.5 MBOPD.  Penemuan-penemuan di Blok 9 termasuk di antaranya empat buah lapangan minyak.  

"Dukungan dan kerja sama Pemerintah Yaman dalam mewujudkan transaksi ini patut dicontoh," kata Lukman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com