Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Tertipu Bakso Babi karena Logo Halal MUI

Kompas.com - 14/12/2012, 19:05 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakso bermerk Planetaria 56 yang ditemukan tercampur dengan daging babi memiliki logo halal dari Majelis Ulama Indonesia. Logo tersebut berada di sebelah kanan kemasan dengan corak warna biru.

"Saya enggak tahu kalau bakso ini mengandung daging babi. Kan di kemasannya juga terdapat logo halalnya," kata Acung, pedagang di pasar Tomang Barat kepada Kompas.com, Jumat (14/12/2012).

Ia melanjutkan, logo MUI menjadi patokan sebagai makanan yang halal. Bakso yang ia jual dalam satu kemasan ataupun eceran selalu melihat logo yang ada pada kemasan bakso tersebut.

Acung mengungkapkan, ia sudah menjual bakso merk Planetaria 56 selama 3 bulan. Ia baru mengetahui bakso dengan merk tersebut mengandung daging babi setelah tes yang dilakukan sudin peternakan dan perikanan Jakarta Barat.

"Harusnya kalau memang ada kandungan daging babinya, harus dijelasin dong di kemasan. Kalau seperti ini kan, kita juga merasa tertipu," katanya.

Akibat melihat logo MUI tersebut, ia merasa rugi karena tiga kemasan yang ia jual ditarik oleh Sudin peternakan dan perikanan Jakarta Barat untuk diidentidikasi lebih lanjut.

Diberitakan sebelumnya, Sudin peternakan dan perikanan Jakarta Barat menemukan kemasan bakso yang mengandung daging babi. Bakso tersebut tergolong mahal karena satu kemasan bakso seharga Rp 57.000 dengan harga eceran Rp 1.300.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com