Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Dua Cara Tekan Subsidi BBM

Kompas.com - 16/12/2012, 17:12 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah harus segera mengendalikan anggaran subsidi bahan bakar minyak (BBM). Setiap tahun, anggaran untuk subsidi BBM terus membengkak.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro menjelaskan pemerintah tidak hanya bisa mengandalkan kebijakan fiskal saja untuk menurunkan anggaran subsidi BBM.

"Sebenarnya ini adalah wewenang dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengaturnya," kata Bambang di Jakarta akhir pekan lalu.

Bambang mengatakan Kementerian ESDM bisa melakukan dua cara untuk bisa menekan anggaran subsidi BBM tersebut. Pertama, diversifikasi energi. Cara ini mengalihkan penggunaan BBM ke sumber energi lain, misalnya gas. Pemerintah harus segera menetapkan cadangan gas yang ada, sasaran konsumennya hingga alat (moda transportasinya).

Kedua, tepat sasarannya. Setelah bisa memilih untuk menggunakan energi apa yang akan dipakai, maka energi itu harus dialokasikan ke sasaran yang tepat. Pemerintah harus tegas dalam membatasi pemakaian energi yang ada.

"Misalnya kalau pakai BBM bersubsidi, hanya sepeda motor saja. Untuk bus trans Jakarta memakai bahan bakar gas atau juga bisa kendaraan lainnya. Begitu juga rencana soal mobil listrik, dan sebagainya," tambahnya.

Jika pemerintah bisa serius dalam hal ini, maka masyarakat juga akan bisa menerima. Tentunya setelah melalui uji coba dari para pakar dan kemampuan masyarakat.

Sekadar catatan, Subsidi pada APBN 2013 sebesar Rp 317,2 triliun, naik 29,4 persen dari Rp 245,1 triliun di APBNP 2012. Subsidi energi mencapai Rp 274,7 triliun yang merupakan komponen subsidi.

Dari jumlah tersebut, subsidi BBM mencapai Rp 193,8 triliun, naik 41,1 persen dari tahun sebelumnya. Sementara subsidi listrik mencapai Rp 80,9 triliun, naik 24,6 persen dibanding tahun lalu.

Baca juga:
KEN: Mobil Pribadi Haram Pakai BBM Bersubsidi
Pemerintah Perlu Naikkan Harga BBM?
Pengamat: Naikkan Harga Solar Bersubsidi
Ekonom Sarankan Harga BBM Naik Awal Tahun 2013
BBM Subsidi Akan Dibatasi Rp 100.000 Per Hari?

Ikuti artikel terkait di Topik SUBSIDI UNTUK ORANG KAYA?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com