Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Optimistis Ekonomi RI Bakal Melesat

Kompas.com - 13/02/2013, 09:59 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa menilai perekonomian RI di tahun ini bakal melesat. Asal iklim investasi dan konsumsi terus dijaga.

Pemerintah di tahun ini masih optimis bisa mengejar target pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun sebesar 6,5-6,8 persen. Meski realisasi pertumbuhan ekonomi di sepanjang 2012 hanya 6,23 persen, lebih rendah dari target semula 6,3 persen.

"Realistisnya mungkin di antara 6,5-6,8 persen. Kemarin kan realisasinya 6,2 persen. Kalaupun bisa 6,5 persen, itu sudah di atas. Feeling saya bisa 6,5-6,8 persen," kata Hatta di Jakarta, Selasa (12/2/2013).

Salah satu cara yang bisa digenjot adalah penyerapan belanja di tahun ini diharapkan bisa di atas 90 persen. Sebelumnya, penyerapan belanja negara masih di bawah 80 persen.

"Padahal belanja modal itu membutuhkan impact yang besar bagi pertumbuhan perekonomian. Kita optimis 6,5 persen. Tapi kalau 6,8 persen, kita harus kerja keras, keras banget," tambahnya.

Di sisi lain, pemerintah juga akan menggenjot sektor investasi. Hal ini bisa menurunkan defisit neraca perdagangan yang selama ini terjadi. Selain itu, sektor konsumsi berbasis domestik juga akan terus digenjot untuk mengimbangi sektor investasi yang terus melesat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com