Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Valentine, IHSG Cenderung Menguat

Kompas.com - 14/02/2013, 07:34 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan akan cenderung menguat. Hal ini sesuai tren pada hari Valentine selama empat tahun terakhir. Analis Trust Securities Reza Priyambada menjelaskan, kecenderungan IHSG pada jelang hari Valentine selalu naik setidaknya 1-2 persen.

Namun, pada hari setelahnya, IHSG berpeluang turun atau hanya menguat tipis. "Pergerakan kali ini menyamai posisi indeks selama 4 tahun terakhir (2009-2012) jelang hari Valentine yang cenderung menguat," kata Reza di Jakarta, Kamis (14/2/2013).

Menurut Reza, jika diasumsikan akan sama pergerakannya dengan pola tersebut, kemungkinan IHSG juga akan mulai terbatas kenaikannya. Namun, Reza mengingatkan agar tetap mencermati jika pembalikan arah downreversal mulai terjadi dengan memperhatikan target support berikutnya. Hari ini, IHSG akan berada pada support 4515-4528 dan resistance 4585-4600.

Rekomendasi saham antara lain MAIN, INTP, CPIN, ROTI, BBRI, BUMI, ASRI, LPKR, CTRS, dan BORN.

Sepanjang perdagangan kemarin, IHSG menyentuh level 4.586,98 (level tertingginya) pada pertengahan sesi 2 dan menyentuh level 4.551,42 (level terendahnya) di awal sesi dan akhirnya berhasil bertengger di level 4.571,57. Volume perdagangan dan nilai total transaksi meningkat. Investor asing mencatatkan nett buy dengan kenaikan nilai transaksi beli dan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan nett sell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com