Kompas.com - 17/02/2013, 21:10 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai bagian dari program perluasan jaringan penerbangan, maskapai Garuda Indonesia melalui kerjasama codeshare agreement dengan Etihad Airways, menambah penerbangan ke enam destinasi baru di Eropa dan Timur Tengah.

Enam rute baru yang diterbangi hasil kerjasama dengan Etihad adalah, Frankfurt, Brussels, Milan, Dusseldorf, Munich, dan Bahrain, mulai bulan Januari 2013 ini.
Demikian diinformasikan juru bicara Garuda Indonesia, Pujobroto, Minggu (17/2/2013) di Jakarta.

Dengan penambahan enam destinasi baru tersebut, hingga saat ini Garuda Indonesia telah menjadi marketing carrier untuk 13 destinasi yang dilayani Etihad Airways. Ketujuh kota lainnya adalah Abu Dhabi, London, Paris, Manchester, Moskow, Athena, dan Muscat. Penerbangan ke-13 destinasi tersebut dilayani Garuda Indonesia melalui hub Abu Dhabi.

Sebaliknya, maskapai Etihad Airways hingga saat ini telah menjadi marketing carrier untuk 7 destinasi yang dilayani oleh Garuda Indonesia, yaitu Denpasar, Manado, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Amsterdam, dan Abu Dhabi.  

"Kerjasama codeshare yang ditandatangani sejak Oktober 2012 lalu telah berkontribusi signifikan dalam mempermudah akses para penumpang Garuda Indonesia dari Indonesia menuju 80 destinasi di 50 negara di dunia yang di layani Etihad Airways," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar.

Codeshare agreement tersebut juga merupakan bagian dari upaya Garuda Indonesia untuk terus meningkatkan layanannya kepada pengguna jasa sejalan dengan program "Quantum Leap 2011 2015", khususnya dalam pengembangan jaringan/network penerbangan.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan kepada penumpang, Garuda Indonesia juga akan meningkatkan frekuensi penerbangan Jakarta Amsterdam via Abu Dhabi menjadi enam kali per minggu dari sebelumnya empat kali per minggu mulai 21 Juni 2013 mendatang.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, mulai Juni 2013 Garuda akan melayani penerbangan Jakarta-Perth yang juga akan menjadi penerbangan codeshare Garuda- Etihad. "Jadwal penerbangan ini akan disesuaikan dengan penerbangan dari dan menuju Abu Dhabi untuk memudahkan akses penumpang Garuda Indonesia dan Etihad Airways dari Timur Tengah, Eropa, dan beyond menuju Australia bagian barat maupun sebaliknya," ujar Emirsyah.

President dan CEO Etihad Airways James Hogan menambahkan, kKerjasama antara Etihad Airways dan Garuda Indonesia terus berkembang dan memberikan keuntungan yang signifikan bagi para pengguna jasa kedua maskapai, melalui peningkatan jaringan penerbangan dan konektivitas antar kota serta fleksibilitas jadwal penerbangan.

"Kerjasama ini tidak hanya dapat meminimalkan waktu tempuh dari dan menuju berbagai destinasi favorit penumpang menjadi hingga di bawah tiga jam, tapi melalui kerjasama ini penumpang juga dimungkinkan untuk menikmati layanan penerbangan dengan waktu tempuh tercepat antara Jakarta, Manchester, Jenewa, dan Brussel," ujar Hogan.

Di samping itu, Hogan mengungkapkan, kerjasama strategis tersebut telah memberikan akses bagi Etihad Airways menuju enam juta wisatawan potensial di Indonesia sekaligus memperat kerjasama komersial di antara Indonesia dan negara-negara Timur Tengah di sektor minyak dan gas bumi maupun industri pertambangan di kedua wilayah.

Kerjasama codeshare Garuda Indonesia dan Etihad Airways berlaku efektif tanggal 28 Oktober 2012 lalu. Penumpang Garuda dari berbagai kota di Indonesia akan terhubung dengan lebih dari 80 destinasi Etihad Airways di 50 kota di dunia.      

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.