Kompas.com - 25/02/2013, 10:37 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencalonkan Agus Martowardojo menjadi gubernur Bank Indonesia, Ketua Umum Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) Gatot Murdiantoro Suwondo berharap Darmin Nasution tetap menjabat orang nomor satu di Bank Indonesia (BI).

"Kalau kami, tetap mengharapkan Darmin dapat terus memimpin Bank Indonesia ke depan," kata Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk ini kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (25/2/2013).

Untuk diketahui saja, saat ini Darmin baru menjabat Gubernur BI untuk satu periode. Dalam aturan Bank Indonesia, gubernur BI terpilih bisa menjabat selama dua kali bila Presiden kembali mengajukan yang bersangkutan.

Meski saat ini Presiden SBY justru mencalonkan Agus Marto menjadi calon pengganti Darmin, Gatot masih optimistis peluang Darmin masih ada untuk menduduki kembali kursi tertinggi di Bank Indonesia. Sebab, Darmin pada akhir tahun lalu memang baru saja mengeluarkan aturan-aturan baru perbankan yang dinilai cukup berpihak kepada bank di dalam negeri. Bagi bank asing, aturan tersebut dinilai memang cukup adil karena alasan resiprokal.

"Nanti kalau (Pak Agus) ditolak DPR, bagaimana? Tentu saja Presiden harus mengusulkan calon lagi. Pak Darminlah yang saat ini paling cocok menjadi Gubernur BI," tambahnya.

Gatot juga meragukan bahwa pencalonan Agus Marto menjadi gubernur BI ini bisa disetujui dengan mulus oleh DPR. Sebab, Agus ini memang sudah pernah mencalonkan diri pada 2008, tetapi ditolak oleh DPR.

Ikuti Perkembangannya di Topik Suksesi Gubernur BI

Berita lain:
Profil Agus Marto, Calon Tunggal Gubernur BI
Jadi Calon Gubernur BI, Agus Marto Tetap Menkeu
Demokrat Butuh 27 Suara untuk Loloskan Agus
DPR Ragukan Agus Marto Jadi Calon Tunggal Gubernur BI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.