Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Visi Misi Agus Jadi Gubernur BI

Kompas.com - 28/02/2013, 13:58 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengaku siap dicalonkan menjadi gubernur Bank Indonesia (BI) pada periode 2013-2018. Agus akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk bisa meyakinkan DPR.

"Presiden sudah menunjuk saya. Saya akan follow up segera dan akan melakukan studi kelayakan dan kepatutan minggu depan," kata Agus di acara Indonesia Summit Economist Confererence di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (28/2/2013).

Untuk bisa meyakinkan DPR nanti, pihaknya memang telah menyiapkan sejumlah visi misi, di antaranya menjaga inflasi, menjaga stabilitas sistem keuangan, bisa bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta lebih mengefisienkan sistem pembayaran nasional. Namun, yang perlu disiapkan sebelum akhir 2013 adalah BI harus mengalihkan pengawasan perbankan ke OJK. Dalam hal ini, kerja sama dan koordinasi yang lebih erat antara Kementerian Keuangan dan OJK harus tetap terjalin.

Di sisi lain, Agus juga menyoroti asas resiprokal yang selama ini belum bisa dirasakan bagi perbankan di dalam negeri. Banyak perbankan nasional yang ingin ekspansi ke luar negeri masih terhambat karena terbentur aturan bank sentral asing. "Padahal, bank asing secara mudah dan cepat memperoleh asas resiprokal itu," tambahnya.

Sebelum resmi lolos menjadi gubernur BI, Agus akan tetap fokus menjalankan tugasnya sebagai Menteri Keuangan. Sampai saat ini, urusan penggantian posisi menteri keuangan nantinya langsung diserahkan ke Presiden.

"Saya belum tahu figur yang akan menggantikan saya. Tentunya yang mengetahui adalah Presiden. Namun, saya sudah mendapatkan penjelasan dari Presiden bahwa beliau akan memilih dengan hati-hati untuk posisi menteri keuangan ini," tambahnya.

Ikuti perkembangannya di Topik Suksesi Gubernur BI

Baca juga:
Alasan Presiden Calonkan Lagi Nama Agus Marto
Jadi Calon Gubernur BI, Agus Marto Tetap Menkeu
Presiden Kantongi Calon Menkeu Baru
DPR Ragukan Agus Marto Jadi Calon Tunggal Gubernur BI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com