Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokan Bawang Berkurang

Kompas.com - 04/03/2013, 22:18 WIB
Fransiskus Pati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasokan bawang merah dan bawang putih terus berkurang menyebabkan harga meningkat tajam. Harga bawang merah mencapai Rp 26.000 dan bawang putih Rp 40.000 per kilogram. Informasi ini diperoleh Kompas di Pasar Kebayoran Lama, Senin (4/3/2013).    

Eko A (25) salah satu penjual bawang menuturkan, sejak awal tahun ini, kenaikan harga terjadi secara bertahap. Harga bawang putih dari Rp 26.000 menjadi Rp 40.000 per kilogram sementara harga bawang merah dari Rp 16.000 menjadi Rp 26.000 per kilogram.  

"Meskipun harga terus meningkat, tingkat permintaan konsumen tidak berkurang dari sebelumnya. Tingkat penjualan setiap hari untuk bawang merah adalah 40 kilogram dan bawang putih 15 kilogram," kata Eko.  

Menurut Eko, bawang merupakan bahan penyedap masakan yang tidak dapat diganti dengan bahan lain. "Masakan tentu menggunakan bawang apalagi untuk rastoran yang membutuhkan jumlah yang banyak," jelas Eko.  

Zubaidah (30), pembeli asal Palmerah mengatakan, harga bawang yang terus meningkat seakan mematikan usaha mereka sebagai pemilik rumah makan. "Kami tidak bisa menghindari kenaikan harga sebab usaha kami pasti membutuhkan bawang," kata Zubaidah.  

Ibu dua anak ini mengaku serba kesulitan dan terhimpit antara harga bawang yang menanjak dan keengganan untuk menaikan harga menu makanan di rumah makannya. Ia kuatir akan kehilangan pelanggan.  

Pemilik warung yang sudah beroperasi selama lima tahun ini berharap kepada pemerintah untuk menstabilkan harga bawang agar usaha mereka dapat berjalan dengan lancar. "Kami hanya berharap pada kemurahan hati pemerintah," ujar Zubaidah.  

Sebelumnya, Kementerian Pertanian menetapkan sebanyak tujuh komoditas hortikultura yang akan diimpor dalam semester pertama tahun 2013. Di antaranya adalah bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com