Kompas.com - 13/03/2013, 19:48 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Indonesia menyimpan begitu banyak tempat wisata yang patut dimasukkan dalam daftar kunjungan saat liburan. Beberapa di antara tempat wisata tersebut mengadakan atmosfer sekaligus pesona religi bagi setiap orang yang berkunjung. Mengunjungi tempat-tempat religi itu, bukan hanya mendapat pengalaman baru sebab bisa jadi kadar keimanan Anda meningkat.

Bila telah menyusun rencana perjalanan ke tempat-tempat wisata rohani, Anda perlu memperhatikan hal berikut ini untuk memulai kegiatan liburan.

Pertama, tempat wisata rohani umumnya digunakan untuk beribadah, oleh sebab itu gunakan pakaian yang pantas dan sopan. Selain itu, ada kalanya terdapat tempat-tempat yang tidak boleh diinjak dengan kaki bersepatu atau bersandal. Bawalah plastik untuk menyimpan sepatu atau sandal Anda.

Kedua, beberapa tempat wisata rohani tidak mengizinkan perempuan yang sedang datang bulan untuk masuk. Oleh karena itu, jangan memaksakan
diri untuk masuk bila Anda sedang haid. Mengamati atau berfoto dari luar saja sudah cukup.

Ketiga, mengingat tempat wisata rohani diyakini sebagai lokasi yang sakral, maka jangan berisik dan taati semua peraturan bagi wisatawan. Termasuk jangan makan dan minum di dalam tempat wisata rohani meski tidak ada aturan yang melarang.

Keempat, ada beberapa tempat wisata rohani yang memiliki mata air yang dianggap suci. Bila Anda ingin mengambil airnya, disarankan secukupnya saja dan tidak perlu bersama-lama di sekitar mata air agar tidak menimbulkan antrean panjang. Yang talk kalah penting, jangan meludah sembarangan di sekitar mata air atau di kawasan tempat wisata agar kebersihannya terjaga.

Kelima, sebaiknya jangan hanya berfoto, tetapi pahami pula seluk-beluk tempat wisata tersebut. Misalnya, sejarahnya, siapa saja yang pernah berhubungan erat dengan tempat itu, atau mengapa tempat itu dianggap penting. Dengan demikian, pengetahuan Anda bertambah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keenam, ada kalanya tempat wisata religi menyediakan kotak sumbangan sukarela. Jika ada rezeki, talk ada salahnya Anda memberikan sumbangan. Bantuan Anda, sedikit atau banyak, akan memengaruhi kelestarian tempat tersebut. Sumbangan bisa juga diberikan dalam rupa membeli cenderamata yang ditawarkan pengelola tempat wisata.

Ketujuh, bila Anda bepergian dengan rombongan, sewalah kendaraan yang kondisinya prima. Pastikan semua penumpang dapat duduk dengan nyaman. Ini demi keselamatan dan kegembiraan Anda bersama kolega. (TYS)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.