Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Investigasi Kecelakaan Lion di Bali

Kompas.com - 14/04/2013, 14:34 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Anggota Komisi V DPR RI Saleh Husin dari Partai Hanura meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk secepatnya menginvestigasi kecelakaan jatuhnya Lion Air di Bali pada hari Sabtu (13/4/2013). Tujuannya, supaya masyarakat secepatnya dapat mengetahui penyebab kecelakaan sehingga tidak was-was ketika terbang.

"Saya bersama 6 orang anggota Komisi V baru saja meninjau lokasi jatuhnya pesawat lion air di Bandara Ngurah Rai. Pesawat naas tersebut dalam kondisi terpecah tiga bagian karena mungkin semalam air laut pasang sehingga membenturkan badan pesawat ke tanggul penahan," kata Saleh Husin, Minggu siang, kepada Kompas.

Menurut Saleh, berdasarkan informasi dari petugas, VCR sudah diangkat namun CVR belum diangkat. "Proses bantuan terlihat cukup bagus dalam penanganannya baik dari Basarnas, Ditjen Perhubungan Udara, Kepolisian, TNI , Jasa Raharja, A ngkasa Pura, juga pihak Lion Air," ujarnya.

"Kami telah meminta pihak KNKT segera melakukan investigasi guna d apat mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan . Serta pihak kepolisian melakukan proses pemeriksaan fisik dari pilot dan copilot untuk dapat mengetahui apakah ada penggunaan narkoba atau tidak, walaupun menurut cerita pilot tersebut adalah pilot senior y ang jauh dari hal-hal miring," ujar Saleh.

Kami juga meminta supaya dicari tahu apakah pilot bekerja melebihi maksi mum jam terbang dalam satu hari atau tidak. Nah ini semua harus menjadi konsen utama penyidik dan tim investigasi , ujar Saleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com