Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Charoen dan Sierad Tampung Jagung NTT

Kompas.com - 18/04/2013, 03:25 WIB

Kupang, Kompas - Produsen pakan ternak, PT Sierad Produce dan PT Charoen Pokphand Indonesia, berkomitmen membeli jagung produksi masyarakat NTT. Kedua perusahaan ini bersedia membeli jagung pada pengapalan perdana dari NTT pekan depan.

Ketua Umum Gabungan Perusahaan Makanan Ternak sekaligus Direktur Utama PT Sierad Produce, Sudirman, Rabu (17/4), di Kupang, NTT, mengatakan, untuk saat ini produsen pakan membeli jagung dengan harga Rp 3.200 per kilogram (kg) di gudang pabrik di Surabaya, Jawa Timur, dengan kadar air maksimal 15 persen dan Rp 3.100 per kg untuk kadar air 17 persen.

Dengan mempertimbangkan ongkos pengangkutan dari NTT ke Surabaya Rp 500 per kg, harga jagung di pelabuhan NTT Rp 2.700 per kg. Harga ini belum dipotong keuntungan pengepul.

Johan, Head of Feed Raw Materials GPMT yang berasal dari bagian pembelian Charoen, mengatakan, kualitas jagung yang masuk ke pabrik tetap menjadi pertimbangan utama, baik terkait kadar air maupun kandungan aflatoksin dalam jagung.

Industri pakan ternak, Charoen dan Sierad, terjun langsung ke NTT untuk bersama-sama petani, pemerintah pusat, dan daerah, serta tokoh NTT Ben Mboi, membangun gerakan penanaman jagung di NTT. Targetnya menjadikan jagung sebagai sumber pendapatan utama masyarakat NTT. Untuk itu, produktivitas jagung harus dinaikkan.

Ketua Gabungan Perusahaan Perunggasan Indonesia Anton J Supit berharap komitmen dan kerja nyata dari pemerintah daerah dan pusat. (MAS)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com