Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Siap Terapkan Sistem IT untuk BBM Dua Harga

Kompas.com - 22/04/2013, 13:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) menyatakan kesiapannya dalam menerapkan sistem teknologi informasi (IT) dalam rencana kenaikan harga BBM subsidi jenis premium dan solar untuk mobil pribadi pada Mei mendatang.

"Pertamina sendiri sudah siap tanggal 26 April semua sudah in place, semua sistem sudah siap termasuk juga pengamanan oleh polisi," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya seusai mendatangi Mabes Polri di Jakarta, Senin (22/4/2013).

Menurut Hanung, sistem IT sudah bisa diterapkan di semua SPBU di Indonesia. Akan tetapi, waktu penerapannya nanti akan disesuaikan dengan keputusan resmi pemerintah mengenai kenaikan harga BBM.

"Nanti kalau pemerintah jadi memutuskan. Kalau tidak jadi, ya tidak kita switch," katanya.

Hanung juga mengatakan bahwa pihaknya telah membuat skenario dan menentukan lokasi SPBU yang menjual BBM bersubsidi dengan harga Rp 4.500 per liter dan harga kedua (Rp 6.500 per liter).

Semua lokasi tersebut ditentukan oleh operasional Pertamina, BPH Migas, dan Kementerian ESDM melalui konsultasi.

"Berdasarkan data yang ada, 45 persen konsumsi premium bersubsidi untuk mobil pelat hitam. Jadi, komposisi SPBU-nya nanti seperti itu, 55:45," katanya.

Artinya, sebanyak 45 persen dari sekitar 5.000 SPBU yang ada di seluruh Indonesia akan menjual premium bersubsidi dengan harga Rp 6.500 per liter. Sebanyak 55 persen sisanya akan menjual premium seharga Rp 4.500 per liter.

Sementara itu, untuk SPBU di daerah terpencil, harga BBM bersubsidi akan disesuaikan dengan keputusan pemerintah, meski Pertamina telah menyiapkan sejumlah skenario.

Sebelumnya, Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengatakan, penyiapan administrasi dan teknis dijadwalkan selesai pada 26-27 April 2013.

Persiapan tersebut dilakukan pemerintah yang berencana menaikkan harga BBM subsidi jenis premium dan solar untuk mobil pribadi dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.500-Rp 7.000 per liter mulai Mei 2013. Sementara itu, harga BBM subsidi untuk sepeda motor dan angkutan umum tetap Rp 4.500 per liter. (Budi Suyanto)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com