Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Gheskio", Memutus Wabah Kolera Lewat Arsitektur!

Kompas.com - 01/05/2013, 14:14 WIB

KOMPAS.com - MASS Design Group, Sebuah firma nirlaba dari Boston, Amerika Serikat, kini tengah berada dalam proses konstruksi pembuatan pusat perawatan kolera Gheskio di Port-au-Prince, Haiti. Arsitektur fasilitas perawatan kolera ini didesain khusus sesuai kebutuhan penggunanya.

Fasilitas tersebut akan berisi sistem penjernihan air yang mampu membersihkan lebih dari 250.000 galon air setiap tahunnya. Dengan cara ini, Gheskio selangkah lebih maju dalam memecahkan siklus penyebaran penyakit kolera. Tujuannya, untuk secara penuh mampu memecahkan siklus infeksi kolera hingga ke sumbernya.

Desain bangunan ini menggabungkan strategi penanganan infeksi dengan teknologi berkelanjutan. Bangunan itu menggunakan 100 persen pencahayaan alami dan ventilasi udara untuk membuat penghuni fasilitas merasa nyaman.

Bangunan ini jgua menggunakan material lokal dan serta memanfaatkan hasil pelatihan penduduk lokal. Dengan cara ini, proyek ini menciptakan 80 pekerjaan baru dan mendistribusikan lebih dari 161.000 dolar AS pada ekonomi lokal.

Gheskio merupakan institusi pertama di dunia yang didedikasikan untuk melawan HIV/AIDS. Kini, organisasi tersebut melanjutkan gerakannya di bidang kesehatan, tepatnya berupa gerakan kemanusiaan di Haiti yang berkonsentrasi pada penanganan musibah bencana alam di negara tersebut.

Menurut situs resmi www.gheskio.org, organisasi tersebut sudah menyediakan layanan kesehatan di Haiti sejak 1982. Sejak saat itu, organisasi ini tidak pernah menutup pintunya bagi penduduk Haiti, apalagi sampai meminta bayaran. Kemudian, sejak musibah gempa bumi pada 2010, Gheskio menyediakan pendampingan kemanusiaan dan perawatan darurat bagi mereka yang terkena dampak musibah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com