Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bursa di Asia Menguat Sore Ini

Kompas.com - 06/05/2013, 15:29 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Bursa saham dikawasan Asia rata-rata menguat hingga sore hari ini, lantaran investor cukup 'bersemangat' dengan laporan penurunan pengangguran di AS, yang pada pekan lalu berhasil mengerek Wall Street di level tertingginya.

Indeks MSCI Asia Pasifik-di luar Jepang-naik mendekati 1 persen pada sore ini, demikian juga di Asutralia yang mengalami kenaikan mendekatilevel tersebut. Indeks di Malaysia Stock Exchange tercatat yang memberikan gain tertinggi karena mencatatkan kenaikan hingga 3 persen, menyusul pengumuman menangnya koalisi Barisan Nasional pada pemilu yang digelar kemarin.

Naiknya indeks di bursa saham dan komoditas di Asia dipicu oleh data pengangguran di AS yang turun, melampaui perkiraan para ekonom. "Dari sudut pandang pasar, hal ini disebut skenario Goldilocks, yang cukup baik untuk mendorong pertumbuhan industri, namun tidak terlalu kuat untuk mendorong program The Fed membeli aset pemerintah AS,” ujar Ric Spooner,Chief Market Analyst at CMC Markets.

Sementara itu, nilai tukar dollar AS masih cukup berfluktiasi, terutama terhadap dollar Australia dan terhadap mata uang negara-negara Asia. Nilai tukar yen Jepang terhadap dollar AS diperkirakan tidak terlalu banyak berubah karena pengumuman data pengangguran AS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com