Kompas.com - 07/05/2013, 16:23 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

DUBAI, KOMPAS.com — Qatar Airways memesan 15 pesawat A330 buatan Airbus, menyusul terjadinya keterlambatan dalam pengiriman Boeing 787 Dreamliner akibat masalah teknis yang mendera varian pesawat baru produksi pabrikan AS tersebut.

CEO Qatar Airways Akbar Al Baker mengungkapkan, Airbus harus bisa merespons kondisi yang dialami maskapai tersebut. Maskapai ini kemungkinan juga akan mendapatkan diskon atas pesanan tersebut.

"Meskipun kami memesan Airbus, kami tidak membatalkan pesanan Dreamliner dari Boeing. Bahkan kami juga memiliki opsi untuk menambah jumlah pesanan," ujarnya Selasa (7/5/2013).

Maskapai ini berencana menggunakan A330 sebelum semua pesanan Dreamliner tiba. Harga per unit A330-300 dipatok sebesar 231 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,2 triliun.

Selain memesan A330, Qatar Airways juga telah mengorder pesawat jumbo jet A380, dengan harga per unitnya mencapai 389,9 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,7 triliun.

Maskapai ini sebelumnya telah mengumumkan bahwa terlambatnya pengiriman Dreamliner membuat perusahaan kehilangan kesempatan memperoleh pendapatan (potential loss) hingga Rp 2 triliun.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X