Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Eropa Berada di Titik Nadir

Kompas.com - 15/05/2013, 16:48 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com — Perekonomian negara-negara zona Eropa benar-benar terpuruk setelah pada tiga bulan pertama tahun ini mencatat penurunan produk domestik bruto sebesar 0,2 persen.

Di Perancis, kuartal pertama tahun ini diwarnai catatan merah setelah perekonomian negara ini juga mengerut 0,2 persen. Penurunan tersebut juga sama dengan yang dicatat pada triwulan terakhir 2012. Ditambah lagi, kondisi tersebut diperparah dengan melonjaknya pengangguran yang menyentuh level tertinggi dalam 16 tahun terakhir ini.

Saat ini, Presiden Perancis Francois Hollande berupaya mengatasi perekonomian di negaranya. Sementara itu, Menteri Keuangan Perancis Pierre Moscovici menyatakan, pihaknya berupaya untuk tetap melakukan ekspansi fiskal dengan target 0,1 persen. Melalui upaya itu, Pemerintah Perancis menargetkan bisa menekan angka pengangguran pada tahun ini.

Moscovici menyatakan bahwa resesi yang terjadi tidaklah mengejutkan lantaran hal ini juga dialami negara-negara lain di Eropa. Sementara itu, seorang pejabat pemerintahan Perancis mengungkapkan bahwa pemerintah akan kembali menempuh kebijakan ekonomi moderat pada triwulan II-2013.

Sementara itu, perekonomian Italia turun 0,5 persen pada triwulan I-2013 atau lebih besar dari yang diperkirakan. Berdasarkan data National Statistics Institute Italia diketahui perekonomian negara ini terus turun dari setahun lalu sebesar 2,3 persen.

Kondisi yang jauh lebih parah ditunjukkan oleh Yunani, dengan penurunan PDB hingga 5,3 persen dalam setahun terakhir ini.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com