Kompas.com - 15/05/2013, 17:59 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap tangan dua pemeriksa pajak dari kantor penyidik dan pemeriksa pajak Direktorat Jenderal Pajak di wilayah Jakarta Timur, Rabu (15/5/2013). Kedua pemeriksa pajak itu berinisial MDI dan ED. Mereka tertangkap seusai diduga menerima uang di halaman Terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Sekitar pukul 10.00, penyidik dan penyelidik KPK melakukan tangkap tangan di halaman Terminal III Bandara Soetta. Yang ditangkap masing-masing berinisial MDI, yaitu pemeriksa pajak, serta ED, pemeriksa pajak dari kantor pemeriksa dan penyidik pajak di wilayah DJP Jakarta Timur," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta.

Adapun MDI diketahui sebagai pegawai pajak golongan III D, sementara ED berpangkat III C. Menurut Johan, keduanya tertangkap bersama dengan seorang pegawai swasta berinisial E dari perusahaan baja berinisial The MS serta seseorang berinisial T yang diduga sebagai kurir. Kini, keempat orang yang tertangkap tangan itu diamankan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, untuk diperiksa lebih jauh.

Dalam waktu 1 x 24 jam, KPK akan menentukan apakah keempatnya ditetapkan sebagai tersangka atau tidak. Diduga, keempat orang ini terlibat transaksi serah-terima uang yang nilainya sekitar Rp 2,3 miliar dalam bentuk dollar Singapura. Uang itu diduga diberikan kepada MDI dan ED terkait kepengurusan persoalan pajak PT The MS, tempat E bekerja.

Dugaan sementara, pemberian uang ini berkaitan dengan tunggakan pajak PT The MS tersebut. "Dugaan sementara berkaitan dengan ada wajib pajak perusahaan berinisial The MS, perusahaan dalam negeri di bidang baja. Saat ini dua pemeriksa pajak dan E yang diduga pemberi, yaitu pegawai The MS dan kurir, sedang dalam proses pemeriksaan," kata Johan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.