Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Berusaha Cetak Rekor Baru Lagi

Kompas.com - 20/05/2013, 05:19 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin (20/5/2013) diperkirakan akan melanjutkan penguatannya seperti di akhir pekan lalu. Asing masih berusaha masuk sehingga diperkirakan IHSG akan tembus rekor baru lagi.

Analis Trust Securities Yusuf Nugraha mengatakan IHSG masih berpeluang untuk terus naik hingga terus mencari level tertinggi terbarunya. "Prediksi kami mengindikasikan besarnya daya dorongan beli ketimbang tekanan jual. Sehingga IHSG akan berupaya untuk terus bertahan di zona hijau," kata Yusuf di Jakarta, Senin (20/5/2013).

Namun, lanjut Yusuf, IHSG akan terus bertahan di zona hijau bila investor tidak langsung memanfaatkan momen tersebut untuk aksi ambil untung (profit taking). Sebab, biasanya saat IHSG menembus level baru, investor akan berusaha untuk ambil untung.

Di sisi lain, laju IHSG kali ini memang berada di luar perkiraan analis. Sebab, IHSG sudah mampu melewati target resisten kedua yaitu di level 5.120. Padahal, dari chart yang ada, sebenarnya IHSG sudah berada di level area jenuh beli (overbought).

"Karena kondisi bursa saham global juga kurang kondusif, investor diharapkan tidak ikut panik dan menjual sahamnya. Ini justru malah melemahkan IHSG sendiri," tambahnya.

Pada perdagangan Senin, IHSG diperkirakan akan bergerak di level support 5.062-5.086 dan resistance 5.155-5.183. Rekomendasi sahamnya antara lain TAXI, BBRI, CTRS, CPIN, KLBF, BHIT, UNVR, BBCA, MAIN, BDMN, ACES.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com