Penjualan Bank Mutiara Kembali Kandas

Kompas.com - 22/05/2013, 19:24 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengumumkan, upaya menjual PT Bank Mutiara Tbk kembali gagal, lantaran investor yang mengajukan penawaran tidak memenuhi syarat administrasi.

Dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com Rabu malam (22/5/2013), panitia penjualan menjelaskan LPS telah melakukan penilaian dan prakualifikasi terhadap berkas calon investor yang mendaftar.

"Berdasarkan hasil penilaian dan prakualifikasi, tidak terdapat calon investor yang memenuhi persyaratan administratif, sehingga proses penjualan saham PT. Bank Mutiara, Tbk. dinyatakan selesai," tulis LPS.

Lembaga tersebut menyatakan akan memanfaatkan momentum waktu yang tersisa, sehingga proses penjualan akan dibuka kembali.

Sebagaimana diketahui, LPS menawarkan Bank Mutiara seharga Rp 6,7 triliun, atau sebesar dana talangan yang diberikan oleh pemerintah pada 2008. Tahun 2013 adalah tahun terakhir bagi LPS untuk menjual bank yang dulunya bernama Bank Century ini di harga Rp 6,7 triliun.

Jika hingga akhir tahun ini LPS gagal menjual Bank Mutiara di harga Rp 6,7 triliun, bank ini akan dilego di harga pasar. Sebelumnya diberitakan, ada sekitar lima calon investor yang berminat membeli Bank Mutiara.

LPS bersama penasihat keuangan, PT Danareksa Sekuritas telah melakukan road show ke sejumlah negara untuk menawarkan bank tersebut. Negara-negara yang didatangi di antaranya Timur Tengah dan Asia Timur serta Australia.

Hingga akhir triwulan I 2013, Bank Mutiara mencatatkan laba bersih tahun berjalan Rp 18,66 miliar atau turun 57,12 persen dari periode yang sama tahun lalu Rp 43,53 miliar.

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X