Akuisisi Bukopin, Sandiaga Uno: "No Comment"

Kompas.com - 29/05/2013, 14:31 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Direktur Saratoga Investama Sedaya Sandiaga Uno masih enggan menjelaskan soal rencana mengakuisisi PT Bank Bukopin Tbk (BBKP). Saat ini, pihaknya fokus membesarkan Saratoga sebagai perusahaan investasinya.

"Soal Bank Bukopin, saya no comment," kata Sandiaga saat ditemui selepas Public Expose PT Saratoga Investama Sedaya di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Senin (29/5/2013).

Kendati demikian, Sandiaga memang sedang mempertimbangkan untuk membesarkan perusahaan investasinya, Saratoga Investama Sedaya. Dengan rencana penawaran saham perdana (IPO) pada 25 Juni 2013 nanti, perseroan berharap melepas 10-15 persen atau dapat meraup dana hasil IPO sebesar Rp 1,8-2,3 triliun.

Dana hasil IPO ini akan digunakan untuk membesarkan tiga lini bisnisnya yaitu sumber daya alam, infrastruktur, dan konsumen. Saat ini, pihaknya memang sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan bisnisnya di sektor perbankan.

"Bank memang menjadi salah satu yang dipertimbangkan. Itu memang kami lihat dan kami pikir akan meningkatkan bisnis kami," tambahnya.

Saat ini, di lini bisnis konsumen, Saratoga Investama Sedaya sudah memiliki PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), MPM Rent, MPM Finance, dan The Dharmawangsa Jakarta.

Seperti diberitakan, Saratoga dikabarkan siap mengambil 41,4 persen saham Bank Bukopin. Informasi saja, Saratoga disebut-sebut menawar Bukopin di harga Rp 1.180- Rp1.460. Sementara, BRI mengajukan penawaran Rp 900 per saham dan siap merevisi angka penawaran setelah menyelesaikan due diligence.

Saat ini, Kopelindo tercatat sebagai pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan 31,72 persen. Pemilik lain, pemerintah (13,04 persen), Yabinstra (9,4 persen), dan Kopkapindo (5,05 persen). Di akhir perdangan saham kemarin, harga Bukopin tutup di Rp 950 per saham.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X