"Kompas.com", Transformasi untuk Semakin Dekat dengan Pembaca

Kompas.com - 30/05/2013, 09:45 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Portal berita Kompas.com melakukan transformasi besar-besaran untuk mendekatkan diri dengan pembacanya. Transformasi tersebut hadir dalam bentuk pembaruan logo, tampilan, dan slogan serta penambahan berbagai fitur baru.

Chief Executive Officer Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo menyatakan, transformasi Kompas.com merupakan wujud inovasi yang sangat diperlukan dalam pengelolaan portal berita.

Kompas.com tidak mau menjadi portal berita yang begitu-begitu saja sehingga kami selalu membuat pembaruan,” katanya dalam pengenalan transformasi Kompas.com, di Jakarta, Rabu (29/5).

Agung memaparkan, tujuan utama transformasi itu adalah mendekatkan Kompas.com dengan pembacanya. Menurut dia, sebuah portal berita seharusnya tidak hanya menjadi milik para pengelolanya, tetapi juga milik pembacanya. ”Karena itu, mulai malam ini, Anda semua adalah pemilik baru Kompas.com,” tuturnya.

Direktur Digital Kompas Gramedia Edi Taslim menjelaskan, selain mencakup pembaruan logo, tampilan, dan slogan, transformasi Kompas.com juga mencakup penambahan beberapa fitur. ”Sewaktu kami merencanakan transformasi ini, memang tidak hanya tampilan yang akan diubah, tetapi mencakup banyak hal,” ujarnya.

Salah satu yang utama adalah fitur personalisasi, di mana pembaca bisa memilih kategori berita yang ingin ditampilkan di halaman muka Kompas.com.

Di Kompas.com, kami rata-rata memuat sekitar 500 berita baru setiap hari, tetapi, kan, tidak mungkin seseorang akan membaca semuanya. Daripada dia harus mencari-cari, kenapa kita tidak memberikan kekuasaan kepadanya untuk menentukan apa yang dia mau?” kata Edi.

Saat ini, jumlah pengunjung unik (unique visitors) Kompas.com per bulan sekitar 21 juta orang, sementara jumlah halaman yang dilihat (page views) sekitar 180 juta per bulan. (K02)

 

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X