Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Masih Dibayangi Aksi Jual Asing

Kompas.com - 10/07/2013, 07:50 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan masih akan melemah terbatas.  IHSG menurun karena masih marak aksi jual, khususnya asing.

Analis Trust Securities Reza Priyambada mengatakan, IHSG masih berpeluang untuk melanjutkan pelemahannya menuju area kelebihan jual (oversold).

"Laju IHSG masih berada di kisaran target support kami (4.398-4.418) dimana aksi jual masih terjadi. Meski aksi jual yang ada mulai berkurang namun kami masih mengharapkan akan terjadi dorongan beli untuk mencegah laju IHSG yang terperosok makin dalam," kata Reza di Jakarta, Rabu (10/7/2013).

Reza menambahkan, potensi koreksi yang ada juga diharapkan dapat mulai terbatas. Sehingga IHSG ke depan masih bisa menguat kembali.

IHSG memang masih dibayangi bursa saham Asia yang mencoba rebound setelah merespon positifnya laju bursa saham AS dan Eropa jelang musim laporan keuangan emiten.

Selain itu, dari data yang dirilis Biro Statistik China, bahwa indeks harga konsumen naik 2,7 persen dari bulan yang sama tahun sebelumnya dan juga lebih tinggi 2,1 persen di bulan Mei namun masih jatuh di bawah target pemerintah 3,5 persen di 2013. Hal ini memperlihatkan adanya kenaikan harga yang didorong meningkatnya permintaan masyarakat.

Di sisi lain, pelaku pasar mencoba menghubungkannya dengan potensi kenaikan kinerja emiten. Penilaian ini muncul setelah sebelumnya terdapat rilis kinerja Alcoa pasca bursa saham AS tutup yang melampaui estimasi.

Prediksi Reza, IHSG akan berada pada support 4.398-4.418 dan resistance 4.603-4.615.

Sementara rekomendasi sahamnya antara lain SMRA, ACST, MAIN, PTPP, TLKM, SMMT, BBTN, ARNA, HEXA, JPFA dan KLBF.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com