China Lepaskan Suku Bunga Kredit ke Mekanisme Pasar

Kompas.com - 19/07/2013, 20:58 WIB
Renminbi ShutterstockRenminbi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BEIJING, KOMPAS.com - Bank sentral China melepaskan kontrol terhadap suku bunga kredit perbankan di negara tersebut sesuai dengan mekanisme pasar, dalam upayanya untuk meliberalisasi sektor finansial.

Dengan lepasnya kontrol itu, otomatis perbankan China akan bisa bebas menentukan suku bunga kredit sesuai dengan mekanisme pasar.

“Per tanggal 20 Juli 2013, Bank of China memutuskan untuk melepaskan kontrol suku bunga pinjam pada seluruh institusi finansial,” tulis pejabat bank sentral sebagaimana dirilis dalam website, Jumat (19/7/2013).

Bank sentral China menyatakan langkah itu bisa membantu menurunkan suku bunga bagi debitor komersial serta mendukung pertumbuhan ekonomi untuk jangka panjang.

Bank of China juga menyatakan bahwa pihaknya tidak akan melakukan penyesuaian kebijakan terhadap kredit perumahan untuk menciptakan pasar properti yang lebih wajar, menyusul melonjaknya harga perumahan di China.

Ekonom pada Capital Economics Mark Williams, menuturkan bahwa kebijakan yang diambil bank sentral China merupakan perubahan yang sangat signifikan. "Yang jelas, kebijakan ini akan membuat debitur menikmati suku bunga yang lebih baik, meskipun dalam prakteknya hanya sedikit terjadi perubahan,” jelasnya.

Sementara itu, analis dari Nomura, Zhiwei Zhang melihat bahwa kebijakan tersebut akan berdampak positif. Sebelumnya, pada awal tahun ini, PM China, Li Keqiang telah menyerukan liberalisasi dalam hal suku bunga pinjaman.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X