Jalur Pipa Minyak Pertamina yang Dicuri akan Ditutup Lama

Kompas.com - 01/08/2013, 13:27 WIB
Ilustrasi pipa minyak ShutterstockIlustrasi pipa minyak
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur pipa Tepino-Kilang Plaju, Sumatera Selatan yang menjadi sasaran pencurian minyak beberapa waktu lalu akan ditutup untuk jangka waktu yang lama. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terulangnya aksi serupa.

Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengungkapkan pencurian minyak ini sudah berlangsung lama, dan para pencuri sudah memiliki jaringan kuat. Mereka memiliki alat, transportasi dan bahkan sudah berstruktur sampai tingkat konsumen.

"Penutupan ini akan lama, karena pencurian ini terang-terangan, masih terbuka. Misalkan minggu depan ada yang menjamin akan aman, kemudian dibuka, pasti akan kumat lagi," ujarnya di Senayan, Kamis (1/8/2013).

Dahlan menjelaskan, mengamankan lokasi saja tidak cukup untuk menjamin jalur pipa tersebut bebas dari pencurian. Dia mengatakan jaringan pencuri ini harus disediakan pekerjaan lain agar tidak mencuri lagi.

"Ini terlalu lama dibiarkan. Jadi karena terlalu lama dianggap boleh, tidak takut, lalu mereka investasi. Mereka membentuk jaringan, pemasaran, distribusi, konsumen. Semua sudah menikmati. Karena ini sedah terbentuk, ini akan bergerak lagi," terang Dahlan.

Dahlan mengatakan, dengan adanya pencurian ini, nama baik Indonesia akan tercemar di mata internasional, karena dianggap tidak bisa menjamin keamanan usaha.

"Ini tidak ada indikasi. Ini terang-terangan. Semua tahu. Terang-terangan di depan mata," pungkas Dahlan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X