BEI : 1 Lot Akan jadi 100 Saham pada Desember 2013

Kompas.com - 15/08/2013, 14:53 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi IHSG
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Ito Warsito, memastikan rencana penurunan jumlah satuan lot saham menjadi 100 lembar per lot  akan mulai berlaku pada akhir tahun ini.

"Penurunan ukuran lot saham dari 500 menjadi 100 per lot saham akan  dimulai 1 Desember 2013, ini sudah final dan sudah disosialisasikan kepada Anggota Bursa (AB)," ujar Ito di Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta, Kamis (15/8/2013).

Ito mengungkapkan, pelaksanaan penurunan jumlah satuan lot saham telah mundur dari target awal pada semester I 2013 menjadi akhir tahun atau semester II 2013. Keterlambatan ini disebabkan oleh persiapan teknis pihak-pihak terkait atas aturan ini.

"Sebab, nantinya, sistem penghitungan penurunan jumlah satuan lot saham juga harus dimiliki oleh para anggota bursa seperti perusahaan vendor dan juga PT Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI)," tuturnya.

Seperti diketahui, BEI menargetkan akan merilis aturan penurunan jumlah satuan lot saham dapat rampung di semester I 2013, sehingga dapat efektif pada akhir tahun ini. Namun, pemberlakukan ini terlambat lantaran masih memerlukan sosialisasi terkait aturan baru dan juga pengenalan sistem yang baru.

Menurutnya selain persiapan teknis pihak BEI juga terlebih dahulu akan melakukan edukasi kepada investor dan masyarakat luas terkait pengurangan jumlah satuan lot saham.

"Sosialisasi penting Karena, tujuan utama dari penurunan jumlah satuan lot saham adalah untuk lebih meningkatkan jumlah investor ritel di BEI, sehingga dapat memiliki lebih banyak jumlah saham dan juga dapat melakukan diversifikasi kepemilikan saham," tuturnya. (Arif Wicaksono)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X