Cegah PHK, Pemerintah Siapkan Insentif Pajak

Kompas.com - 20/08/2013, 07:21 WIB
Ilsutrasi SHUTTERSTOCKIlsutrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Keuangan (Menkeu) RI M. Chatib Basri menyatakan pihaknya tengah menyiapkan insentif pajak untuk mencegah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh perusahaan.

"Salah satu kebijakan pemerintah agar ekonomi terus tumbuh, salah satunya adalah memberikan stimulus kepada pengusaha," ujar Chatib di Kantor BKPM, Senin (19/8/2013).

Ia mengatakan, akan memberikan stimulus pada para pengusaha yang berkomitmen tidak melakukan PHK. "Nantinya ada agreement yang ditandatangani oleh pengusaha dan pemerintah," kata Chatib.

Adapun insentif yang diberikan pemerintah kepada pengusaha yang tidak menetapkan kebijakan PHK antara lain penundaan pembayaran pajak dan rencana kenaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), sehingga banyak pekerja yang tidak dikenai Pph. Hal ini meringankan pengusaha yang selama ini menanggung PPh.

Jenis perusahaan yang akan memperoleh insentif tersebut, jelas Chatib, adalah perusahaan padat karya dan bukan padat modal. Adapun sektor-sektor padat karya tersebut meliputi industri alas kaki, industri garmen, tekstil, dan sebagainya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X